Syarat dan Ketentuan

Home|Kartu Kredit|Syarat dan Ketentuan

Perjanjian Pemegang Kartu Kredit.

Perjanjian Pemegang Kartu Kredit.

Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit Citibank ini ('Syarat dan Ketentuan') berlaku dan mengikat Pemegang Kartu Kredit Citibank dan Citibank N.A., Cabang Indonesia ('Citibank') sehubungan dengan telah diterbitkannya Kartu Kredit Citibank atas nama Pemegang Kartu.


1.  Definisi
2.  Penggunaan Kartu
2.1 Kartu Kredit Citibank wajib ditandatangani oleh dan hanya diperkenankan untuk digunakan oleh Pemegang Kartu, serta tidak dapat dipindahtangankan. Segala akibat yang timbul karena kelalaian, ketidakhati-hatian atau atas penggunaan atau penyalahgunaan Kartu Kredit Citibank oleh orang lain dengan atau tanpa ijin dari Pemegang Kartu, adalah merupakan beban dan tanggung -jawab sepenuhnya dari Pemegang Kartu.
2.2 Kartu Kredit Citibank dapat digunakan untuk transaksi Pembelanjaan atau Pengambilan Tunai di ATM Citibank atau jaringan ATM bank-bank lainnya yang bekerja sama dengan Citibank, dengan mengikuti syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku.
2.3 Dalam hal transaksi dilakukan melalui internet banking, maka berlaku ketentuan sebagai berikut :
a. Apabila Pemegang Kartu menggunakan Kartu Kredit Citibank untuk transaksi pembelian barang dan/atau jasa secara online melalui situs internet, maka Pemegang Kartu bertanggung-jawab penuh atas keamanan transaksi tersebut. Pemegang Kartu setuju bahwa dengan dimasukannya informasi data Kartu Kredit Citibank oleh Pemegang Kartu di internet adalah bukti yang cukup bahwa Citibank telah diberikan instruksi untuk memproses transaksi menggunakan Kartu Kredit Citibank.
b. Citibank tidak diwajibkan untuk melakukan verifikasi terhadap identitas atau pihak yang berwenang untuk memasukkan informasi Kartu Kredit Citibank. Citibank tidak bertanggung-jawab atas penggunaan Kartu Kredit Citibank milik Pemegang Kartu terlepas apakah orang yang memasukkan informasi adalah Pemegang Kartu atau orang yang diberikan wewenang oleh Pemegang Kartu, dan terlepas dari keadaan yang berlaku pada saat transaksi.
c. Citibank berhak untuk tidak menjalankan transaksi yang dilakukan melalui internet apabila Citibank meragukan keaslian atau apabila menurut Citibank transaksi tersebut melanggar hukum, tidak layak untuk dijalankan atau karena alasan-alasan lainnya menurut pertimbangan dan kebijakan yang berlaku di Citibank.
2.4 Dalam hal Pemegang Kartu melanggar Syarat dan Ketentuan ini, atau apabila Pemegang Kartu tidak membayar kewajiban yang terhutang kepada Citibank, maka Citibank berhak untuk:
a. Menolak setiap transaksi Pembelanjaan atau Pengambilan Tunai yang dilakukan oleh Pemegang Kartu.
b. Memblokir semua Kartu Kredit Citibank yang diterbitkan atas nama Pemegang Kartu termasuk diantaranya memblokir kartu tambahan (Supplementary Card) apabila ada.
b. Meminta kepada Pemegang Kartu Utama (Basic Card) untuk secara seketika membayar seluruh saldo yang terhutang atas rekeningnya walaupun belum jatuh tempo.
d. Tidak mengembalikan Iuran Tahunan yang telah dibayarkan.
2.5 Rekening Kartu Kredit Citibank yang dimiliki Pemegang Kartu dapat mempengaruhi keberlangsungan fasilitas kredit lainnya yang diberikan Citibank kepada Pemegang Kartu. Dalam hal terdapat keterlambatan pembayaran pada Kartu Kredit Citibank, maka dapat berakibat diblokirnya fasilitas kredit lainnya tersebut, demikian pula sebaliknya.
3.  Fasilitas
3.1 Layanan CitiPhone Banking 24 Jam. Pemegang Kartu dapat memperoleh informasi dan layanan yang berhubungan dengan Kartu Kredit Citibank dengan menghubungi fasilitas Layanan CitiPhone Banking 24 Jam dengan melalui proses verifikasi terlebih dahulu baik melalui T-PIN dan/atau melalui proses verifikasi lainnya yang ditetapkan oleh Citibank.
Untuk beberapa transaksi tertentu, fasilitas ini hanya dapat dipergunakan oleh Pemegang Kartu Utama (Basic Card) dari Kartu Kredit Citibank. Pemegang Kartu mengetahui dan setuju bahwa Citibank berhak merekam percakapan antara Pemegang Kartu dengan petugas CitiPhone melalui fasilitas ini, dan menuangkannya dalam catatan resmi yang dapat dipergunakan sebagai bukti yang sah atas transaksi yang dilakukan.
3.2 Citi Mobile. Pemegang Kartu dapat memperoleh informasi dan layanan yang berhubungan dengan Kartu Kredit Citibank, melalui telepon selular Pemegang Kartu. Pemegang Kartu mengetahui dan setuju bahwa Citibank berhak menuangkan transaksi yang dilakukan melalui fasilitas ini ke dalam catatan resmi Citibank yang dapat dipergunakan sebagai bukti yang sah atas transaksi yang dilakukan.
3.3 Citibank Internet Banking atau Citibank Online. Pemegang Kartu dapat mengakses berbagai informasi maupun layanan yang berhubungan dengan Kartu Kredit Citibank, atau melakukan transaksi dengan Kartu Kredit Citibank, melalui situs www.citibank.co.id.
3.4 Fasilitas Lainnya. Pemegang Kartu berhak atas setiap fasilitas yang disediakan oleh Citibank yang akan diberitahukan kepada Pemegang Kartu dari waktu ke waktu dalam pemberitahuan tertulis.
4.  PIN
4.1 Citibank akan menerbitkan PIN atas setiap nomor rekening Kartu Kredit Citibank, yang terdiri dari: (a) PIN yang dapat dipergunakan untuk keperluan transaksi ATM, Citi Mobile dan Citibank Online; serta (b) T-PIN (PIN Telepon) yang dapat dipergunakan untuk keperluan transaksi Layanan CitiPhone Banking 24 Jam.
Penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi PIN dijabarkan dalam buku panduan Kartu Kredit Citibank.
4.2 Pemegang Kartu harus selalu menjaga kerahasiaan PIN dan tidak boleh memberitahukannya kepada pihak lain dalam keadaan atau dengan cara apapun. Segala akibat yang timbul karena kelalaian, ketidakhati-hatian atau atas penggunaan atau penyalahgunaan PIN oleh orang lain dengan atau tanpa ijin dari Pemegang Kartu yang bersangkutan, adalah merupakan beban dan tanggung-jawab sepenuhnya dari Pemegang Kartu.
5.  Batas Kredit
5.1 Citibank, dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, berhak menetapkan serta merubah Batas Kredit untuk tiap-tiap rekening Kartu Kredit Citibank.
5.2 Citibank sepenuhnya berhak untuk menerima atau menolak transaksi Kartu Kredit Citibank yang penggunaannya telah atau akan melampaui Batas Kredit. Dalam hal Citibank menerima transaksi Kartu Kredit Citibank yang melampaui Batas Kredit (overlimit), maka Citibank akan mengenakan Biaya Administrasi dan selanjutnya memperhitungkan jumlah atas transaksi yang melampaui Batas Kredit tersebut ke dalam komponen Pembayaran Minimum.
5.3 Pemegang Kartu Utama (Basic Card) setiap saat berhak mengajukan permohonan kenaikan Batas Kredit secara sementara atau tetap kepada Citibank. Khusus untuk permohonan kenaikan Batas Kredit secara tetap, Pemegang Kartu wajib melampirkan bukti pendapatan Pemegang Kartu. Dalam hal jumlah seluruh fasilitas kredit yang telah diberikan oleh Citibank kepada Pemegang Kartu, termasuk tetapi tidak terbatas pada Batas Kredit, telah sama dengan atau lebih dari batas tertentu sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka Pemegang Kartu wajib untuk menyerahkan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang terkini. Citibank berhak menyetujui atau menolak permohonan tersebut. Keterangan lebih lanjut mengenai proses permohonan kenaikan Batas Kredit dapat dilihat di www.citibank.co.id.
6.  Penagihan dan Pembayaran
6.1 Citibank setiap bulan akan menerbitkan dan mengirimkan Lembar Penagihan melalui pos atau melalui media lainnya jika diminta oleh Pemegang Kartu Utama dan disetujui oleh Citibank, ke alamat Pemegang Kartu Utama (Basic Card) Kartu Kredit Citibank yang tercatat dalam sistem administrasi Citibank, sesuai dengan pilihan Pemegang Kartu.
6.2 Pemegang Kartu Utama (Basic Card) Kartu Kredit Citibank wajib melakukan Pembayaran sebelum Tanggal Jatuh Tempo, berdasarkan ketentuan sebagai berikut:
a. Pembayaran Minimum untuk bulan tersebut wajib dibayar penuh.
b. Pembayaran penuh atas Total Tagihan diperkenankan, kecuali apabila ditetapkan lain oleh Citibank.
c. Bila Pembayaran dilakukan setelah lewat Tanggal Jatuh Tempo atau bila jumlah Pembayaran kurang dari Pembayaran Minimum, maka Citibank akan mengenakan Biaya Administrasi dan Bunga yang berlaku.
d. Bila Pembayaran terjadi, maka akan digunakan untuk melunasi tagihan sesuai urutan sebagai berikut:
i. Pertama, pelunasan Bunga dan Biaya Administrasi;
ii. Kedua, pelunasan transaksi Pengambilan Tunai; dan
iii. Ketiga, pelunasan transaksi Pembelanjaan.
iV. Khusus untuk pelunasan transaksi Pembelanjaan dan Pengambilan Tunai, akan dilakukan secara berurutan sesuai urutan waktu transaksi yang lebih terdahulu.
6.3 Seluruh jumlah yang terhutang oleh Pemegang Kartu kepada Citibank akan tetap ditagihkan dan menjadi tanggungan Pemegang Kartu dan/atau penanggung, penjamin, kurator, pengampu atau ahli warisnya, dalam hal Pemegang Kartu yang bersangkutan ditanggung, dijamin, jatuh pailit, bangkrut, dalam pengampuan atau meninggal, dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
6.4 Pemegang Kartu mengetahui dan setuju bahwa semua tagihan dan Pembayaran dilakukan dalam mata uang Rupiah. Pemegang Kartu juga setuju bahwa untuk Pembelanjaan dan/atau Pengambilan Tunai dalam mata uang asing, nilai tukar yang dikenakan kepada Pemegang Kartu adalah nilai tukar yang ditentukan oleh Visa International/MasterCard International/ Prinsipal lainnya dan nilai tukar yang berlaku di Citibank.
6.5 Pembayaran atas tagihan dapat dilakukan melalui fasilitas-fasilitas berikut:
a. Layanan CitiPhone Banking 24 Jam.
b. Citibank Online.
c. ATM Citibank.
d. Citi Mobile.
e. Debit otomatis.
(Fasilitas a-e dapat dilakukan bila memiliki rekening koran atau tabungan di Citibank).
f. Transfer Bank (LLG).
(Proses pembayaran ini tunduk pada prosedur dan jangka waktu transfer dari bank pengirim yang bersangkutan)
g. Cek/Giro.
(Dalam hal pembayaran dilakukan melalui Cek/Giro yang harus diproses melalui Kliring, dan ternyata Cek/Giro tersebut dikembalikan oleh Bank tertarik dengan alasan apapun, maka Pemegang Kartu akan dikenakan Biaya Administrasi dan Bunga.
h. Tunai.
i. Sarana Pembayaran Tambahan yaitu penyediaan jasa fasilitas yang disediakan oleh bank-bank/instansi pemerintah lainnya atas penerimaan pembayaran Kartu Kredit Citibank, seperti ATM, Internet maupun Auto Debet.

Citibank sewaktu-waktu dapat melakukan perubahan atas fasilitas-fasilitas tersebut di atas dengan menyampaikan Pemberitahuan Tertulis kepada Pemegang Kartu Utama (Basic Card). Pemegang Kartu Utama (Basic Card) mengetahui dan setuju bahwa atas pemakaian fasilitas-fasilitas pembayaran tersebut, Citibank dapat mengenakan Biaya Administrasi.

6.6 Dalam hal rekening Kartu Kredit Citibank diakhiri/ditutup, maka Pemegang Kartu Utama (Basic Card) wajib untuk membayar seluruh kewajiban yang terhutang atas pemakaian fasilitas Kartu Kredit Citibank, secara penuh dan tepat pada waktu yang ditetapkan oleh Citibank.
7.  Status Kolektibilitas Pembayaran
7.1 Kolektibilitas "Lancar"
Yaitu kondisi tagihan Kartu Kredit Citibank yang dibayar dengan jumlah yang memenuhi atau lebih dari jumlah tagihan minimum secara tepat waktu atau sebelum tanggal jatuh tempo.
7.2 Kolektibilitas "Dalam Perhatian Khusus"
Yaitu kondisi tagihan Kartu Kredit Citibank belum dibayar antara 1-90 hari kalender setelah lewat Tanggal Jatuh Tempo.
7.3 Kolektibilitas "Kurang Lancar"
Yaitu kondisi tagihan Kartu Kredit Citibank tetap belum dibayar antara 91-120 hari kalender setelah lewat Tanggal Jatuh Tempo.
7.4 Kolektibilitas "Diragukan"
Yaitu kondisi tagihan Kartu Kredit Citibank tetap belum dibayar antara 121-180 hari kalender setelah lewat Tanggal Jatuh Tempo, atau Citibank sewaktu-waktu menemukan indikasi bahwa Pemegang Kartu Utama tidak memiliki itikad baik untuk melakukan pembayaran Kartu Kredit Citibank.
7.5 Kolektibilitas "Macet"
Yaitu kondisi tagihan Kartu Kredit Citibank tetap belum dibayar lebih dari 180 hari kalender setelah lewat Tanggal Jatuh Tempo, atau Citibank sewaktu-waktu menemukan indikasi bahwa Pemegang Kartu Utama tidak memiliki itikad baik untuk melakukan pembayaran Kartu Kredit Citibank

Apabila Kartu Kredit Citibank berada dalam satu dari empat status kolektibilitas diatas, Citibank akan 1)Mengenakan Biaya Administrasi dan Bunga; 2)Melakukan upaya penagihan kepada Pemegang Kartu Utama; 3)Melakukan pemblokiran Kartu Kredit Citibank (blocking); 4)Menagihkan seluruh tagihan Kartu Kredit Citibank yang tertunggak, belum ditagih dan/atau belum dibayar secara penuh.

8.  Hak Dan Kewajiban Pemegang Kartu
8.1 Hak Pemegang Kartu:
a. Pemegang Kartu berhak untuk menikmati fasilitas-fasilitas Kartu Kredit Citibank sepanjang memenuhi prosedur yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau yang akan diberitahukan dalam Pemberitahuan Tertulis.
b. Pemegang Kartu Utama (Basic Card) berhak meminta salinan atau fotokopi dari sales draft atas penggunaan Kartu Kredit Citibank untuk setiap transaksi Pembelanjaan atau setiap transaksi Pengambilan Tunai yang dilakukan melalui teller, dalam waktu 45 hari kalender sejak tanggal Lembar Penagihan yang mencatat transaksi tersebut dan dengan pengenaan Biaya Administrasi.
c. Pemegang Kartu Utama (Basic Card) berhak meminta pencetakan ulang Lembar Penagihan yang sebelumnya telah dikirimkan oleh Citibank kepada Pemegang Kartu Utama (Basic Card), dalam waktu 6 bulan sejak tanggal Lembar Penagihan yang akan dicetak ulang dan dengan pengenaan Biaya Administrasi.
d. Pemegang Kartu berhak untuk mendapatkan perlindungan sehubungan dengan tindak pidana pemalsuan Kartu Kredit Citibank atas namanya yang dilakukan oleh pihak ketiga.
e. Pemegang Kartu berhak untuk menyampaikan pengaduan sesuai ketentuan Pasal 12 dalam hal Kartu Kredit Citibank tidak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya yang terjadi karena kegagalan sistem dan/atau operasional Citibank.
f. Koreksi pencatatan transaksi, Bunga, Biaya dan Denda Keterlambatan Pembayaran Dalam hal timbulnya kerugian yang dialami oleh Pemegang Kartu Kredit, yang disebabkan seperti antara lain kesalahan pencatatan transaksi (termasuk pembayaran rutin seperti pembayaran tagihan PLN, PAM, Telkom dan lainnya), transaksi tak dikenal, perhitungan Bunga atau Biaya Administrasi dan/atau Denda di dalam Lembar Penagihan Kartu Kredit; maka Pemegang Kartu dapat menghubungi Layanan CitiPhone Banking 24 Jam untuk mengajukan keberatan dan/atau permohonan koreksi transaksi, penghapusan Bunga atau Biaya Administrasi dan/ atau Denda yang dikenakan pada Kartu Kredit Citibank, selambatnya 30 hari kalender setelah tanggal cetak tagihan. Sebelum adanya keputusan mengenai keberatan atau penghapusan tersebut, Pemegang Kartu wajib untuk melakukan setidaknya Pembayaran Minimum sebelum tanggal Jatuh Tempo. Citibank berhak untuk menyetujui ataupun menolak permohonan/pengajuan keberatan Pemegang Kartu dalam waktu selambatnya 42 hari kerja sejak diajukannya permohonan/keberatan tersebut, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
8.2 Kewajiban Pemegang Kartu:
a. Pemegang Kartu Utama (Basic Card) wajib melakukan Pembayaran sesuai ketentuan Pasal 6.2 dalam Syarat dan Ketentuan ini atau sebagaimana ditentukan lain oleh Citibank dalam Pemberitahuan Tertulis.
b. Pemegang Kartu wajib untuk selalu menjaga penggunaan Kartu Kredit Citibank-nya agar tidak melebihi Batas Kredit.
c. Pemegang Kartu wajib untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN atas Kartu Kredit Citibank-nya.
d. Pemegang Kartu wajib untuk bertanggung jawab atas semua transaksi yang diproses dengan menggunakan Kartu Kredit Citibank-nya, kecuali dalam hal terjadi tindak pidana pemalsuan kartu atau dalam kasus kehilangan/kecurian Kartu Kredit Citibank yang telah dilaporkan ke Citibank sesuai prosedur yang telah ditetapkan dalam buku panduan Kartu Kredit Citibank.
9.  Hak Dan Kewajiban Citibank
9.1 Penggunaan Informasi. Citibank berhak untuk memasukan data pribadi Pemegang Kartu ke dalam daftar pemasaran internal Citibank, maupun memberikannya kepada pihak ketiga yang merupakan rekanan usaha dan telah terikat dengan Citibank sebagai penyedia produk/jasa yang akan ditawarkan kepada Pemegang Kartu. Dalam hal Pemegang Kartu tidak lagi bersedia mendapatkan penawaran produk/jasa yang akan disediakan oleh Citibank maupun rekanan usaha Citibank, maka Pemegang Kartu dapat menghubungi Layanan CitiPhone Banking 24 Jam untuk mengajukan permohonan pengecualian dari ketentuan tersebut di atas.
9.2 Pengungkapan Informasi dan Pengkinian Data. Berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Citibank berhak untuk mengungkapkan informasi data pribadi, transaksi serta status kolektibilitas Pemegang Kartu, kepada institusi penerbit kartu kredit lainnya atau kepada pusat pengelola informasi yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia atau kepada biro kredit sejenis lainnya. Citibank berhak untuk menghubungi dan/atau mengungkapkan informasi serta meminta informasi dari pihak ketiga yang tercatat di sistem internal Citibank dan/atau pihak ketiga lainnya yang bertindak mewakili Pemegang Kartu atau bertindak sebagai penjamin Pemegang Kartu untuk memenuhi kewajiban Citibank dalam melakukan pengkinian data Pemegang Kartu sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemegang Kartu setuju bahwa alamat Pemegang Kartu yang tercatat dalam sistim administrasi Citibank dan/atau yang diperoleh Citibank melalui pelaksanaan pengkinian data Pemegang Kartu tersebut di atas selanjutnya menjadi alamat penagihan Pemegang Kartu ("Alamat Penagihan"). Dalam hal terdapat tagihan Kartu Kredit Citibank yang telah jatuh tempo namun Pemegang Kartu belum melakukan pembayaran, maka Citibank berhak menggunakan Alamat Penagihan tersebut untuk melakukan penagihan dan/atau kepentingan komunikasi lainnya.
9.3 Catatan Transaksi. Citibank berhak mencatat semua transaksi atas Kartu Kredit Citibank dan catatan tersebut mengikat Pemegang Kartu untuk semua tujuan.
9.4 Pemblokiran (Blocking) Kartu Kredit Citibank. Citibank berhak setiap saat untuk memblokir Kartu Kredit Citibank dalam hal:
a. Pemegang Kartu:
i. melanggar Syarat dan Ketentuan ini dan/atau ketentuan Citibank yang berlaku;
ii. diindikasikan terlibat dalam kasus tindak pidana dan/atau transaksi mencurigakan dan/atau melakukan gesek tunai di pedagang (merchant);
iii. dinyatakan berada di bawah pengampuan, dalam keadaan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) dan/atau pailit;
iv. harta kekayaannya disita;
v. meninggal dunia sehingga kewajibannya harus diselesaikan oleh ahli waris;
vi. menyatakan mengakhiri dan/ atau menutup Kartu Kredit Citibank;
vii. memberikan keterangan, data, atau dokumen yang tidak benar, tidak sah atau palsu;
viii. telah melaporkan kehilangan/kerusakan Kartu Kredit Citibank secara lisan atau tertulis kepada Citibank dan Citibank dapat menerima laporan tersebut;
b. Citibank harus memenuhi perintah instansi atau lembaga pemerintah atau peradilan yang berwenang; atau
c. Memenuhi kebijakan internal Citibank.
9.5 Pelunasan Hutang (Set-Off). Citibank berhak untuk setiap saat dan tanpa pemberitahuan sebelumnya memindahbukukan, menggunakan dan/atau mendebet dana dalam rekening atas nama Pemegang Kartu Utama (Basic Card) yang ada pada Citibank cabang manapun, untuk pelunasan suatu tagihan Kartu Kredit Citibank-nya yang telah jatuh tempo.
9.6 Pengalihan Hak Atas Tagihan. Citibank setiap saat berhak mengalihkan kepada pihak ketiga manapun semua hak-hak Citibank yang berkaitan dengan tagihan Kartu Kredit Citibank dengan menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Pemegang Kartu yang bersangkutan.
9.7 Fitur Kartu Kredit Citibank. Citibank berhak untuk merubah seluruh dan/ atau setiap fitur yang terdapat pada seluruh dan/ atau setiap jenis Kartu Kredit Citibank sesuai dengan perkembangan bisnis. Perubahan ini dapat terjadi setiap saat dan tanpa pemberitahuan sebelumnya, sesuai dengan kebijakan Citibank yang akan ditinjau dari waktu ke waktu.
10.  Kehilangan atau Kecurian Kartu Kredit Citibank
10.1 Pemegang Kartu bertanggung-jawab dan menyanggupi untuk menyimpan Kartu Kredit Citibank dengan sebaik-baiknya dan secara aman, serta akan segera melaporkan secara lisan atau tertulis kepada Citibank apabila Kartu Kredit Citibank atas rekening miliknya hilang atau dicuri. Atas penerimaan pemberitahuan lisan atau tertulis tersebut Citibank akan segera melakukan pemblokiran atas Kartu Kredit Citibank.
10.2 Citibank tidak bertanggung-jawab atas pemakaian, Pembelanjaan dan/atau Pengambilan Tunai dari Kartu Kredit Citibank yang hilang atau dicuri, apabila Citibank belum menerima laporan mengenai hal tersebut secara lisan atau tertulis dari Pemegang Kartu. Pemegang Kartu dengan ini secara tegas melepaskan hak menuntut Citibank atas segala kerugian yang mungkin timbul.
10.3 Pemegang Kartu setuju dan menyanggupi untuk bertanggung-jawab atas semua Pengambilan Tunai yang telah dilakukan dengan menggunakan Kartu Kredit Citibank dimana verifikasi telah dilakukan terhadap keabsahan PIN Pemegang Kartu.
10.4 Pemegang Kartu setuju untuk membayar saldo Total Tagihan yang terhutang terlebih dahulu sebelum dapat dikeluarkannya kartu pengganti. Biaya Administrasi akan dibebankan kepada Pemegang Kartu. Citibank berhak untuk tidak menerbitkan kartu pengganti dalam hal Pemegang Kartu sedang dalam keadaan menunggak pembayaran Total Tagihan.
10.5 Pemegang Kartu wajib dan bertanggung-jawab penuh atas setiap kerugian yang telah terjadi sehubungan dengan kehilangan Kartu Kredit Citibank, baik kartu utama (Basic Card) maupun kartu tambahannya (Supplementary Card), yang belum dilaporkan secara lisan atau tertulis kepada Citibank atau atas keterlambatan dalam melakukan pelaporan atas kehilangan tersebut yang mengakibatkan belum dilakukannya pemblokiran oleh Citibank atas Kartu Kredit Citibank yang hilang.
10.6 Pemegang Kartu mengerti dan dengan secara tegas setuju bahwa dalam hal terjadi Pembelanjaan, Pengambilan Tunai atau penyalahgunaan Kartu Kredit Citibank yang hilang atau dicuri tersebut oleh pihak lain sebelum dilakukannya laporan kehilangan secara lisan atau tertulis kepada Citibank dan selanjutnya dilakukan pemblokiran Kartu Kredit Citibank berdasarkan laporan tersebut, maka semua tagihan yang timbul dari Pembelanjaan, Pengambilan Tunai atau penyalahgunaan Kartu Kredit Citibank tersebut merupakan tanggung-jawab dan kewajiban penuh serta harus dilunasi oleh Pemegang Kartu.
11.  Penutupan dan Pembatalan Kartu Kredit Citibank
11.1 Pemegang Kartu berhak melakukan permohonan pengakhiran/ penutupan Kartu Kredit Citibank dengan mengajukan permohonan secara tertulis kepada Citibank atau secara lisan melalui fasilitas Layanan CitiPhone Banking 24 Jam.
11.2 Citibank akan melakukan pemblokiran kartu kredit sejak menerima permohonan pengakhiran/penutupan kartu kredit yang dimohonkan oleh Pemegang Kartu. Kartu kredit akan diakhiri/ ditutup setelah semua kewajiban baik yang telah dibukukan maupun yang belum dibukukan telah dilunasi oleh Pemegang Kartu. Dalam hal terdapat kewajiban yang belum dibukukan pada waktu pengakhiran/penutupan kartu kredit yang disebabkan oleh keterlambatan pembukuan oleh pedagang (merchant), maka Citibank berhak melakukan penagihan sesuai dengan peraturan Visa International/MasterCard International/ Prinsipal lainnya dan Pemegang Kartu wajib untuk melunasi kewajiban tersebut. Setelah seluruh kewajiban tersebut di atas dilunasi oleh Pemegang Kartu, maka Citibank akan melakukan proses pengakhiran/penutupan kartu kredit dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja. Pengakhiran/penutupan kartu kredit milik Pemegang Kartu akan secara otomatis mengakhiri/ menutup pula kartu tambahan (Supplemetary Card) apabila ada.
11.3 Citibank akan mengembalikan saldo kredit yang terdapat pada Kartu Kredit Citibank pada waktu pengakhiran/penutupan kartu kredit ke rekening simpanan Pemegang Kartu yang disepakati. Citibank berhak untuk mengenakan biaya transfer untuk proses transfer saldo kredit tersebut. Biaya transfer akan dikurangi secara langsung dari saldo kredit tersebut. Pengembalian saldo kredit hanya akan dilakukan apabila saldo kredit tersebut berjumlah lebih besar dari biaya transfer.
11.4 Citibank berhak untuk melakukan pemblokiran penggunaan Kartu Kredit Citibank oleh Pemegang Kartu apabila menurut pertimbangan Citibank, Pemegang Kartu telah menggunakan Kartu Kredit Citibank dengan menyalahi ketentuan-ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau melakukan tindakan dan/atau transaksi yang dapat merugikan Citibank. Citibank juga berhak untuk tidak memperpanjang Kartu Kredit Citibank yang belum maupun yang telah habis Masa Berlakunya sesuai dengan pertimbangan dan kebijaksanaan yang berlaku. Citibank tidak berkewajiban memberikan alasan atas pemblokiran atau tidak memperpanjang Masa Berlaku kartu kredit kepada Pemegang Kartu. Pemegang Kartu tetap diwajibkan untuk melaksanakan kewajibannya sesuai ketentuan Pasal 8.2 (a).
11.5 Dalam hal dilakukan pengakhiran/penutupan dan pemblokiran suatu Kartu Kredit Citibank, Pemegang Kartu Utama (Basic Card) wajib untuk melunasi seluruh tagihan baik yang telah maupun belum jatuh tempo, dan wajib pula untuk menggunting Kartu Kredit Citibank yang telah diakhiri/ ditutup dan diblokir tersebut. Citibank tidak bertanggung-jawab atas segala kerugian maupun tuntutan dari pihak manapun yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan Kartu Kredit Citibank yang telah diakhiri/ ditutup dan diblokir tersebut.
11.6 Pemegang Kartu dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat dicabut kembali kepada Citibank untuk setiap saat mendebet dan/atau mengakhiri/ menutup dan/ atau memblokir Kartu Kredit Citibank dan/atau rekening koran dan/atau rekening tabungan dan/atau rekening deposito dan/atau rekening-rekening lain atas namanya yang ada di Citibank, guna pelunasan/pembayaran seluruh kewajiban-kewajiban Pemegang Kartu yang masih ada sehubungan dengan penggunaan Kartu Kredit Citibank. Kuasa untuk mendebet dan/atau mengakhiri/ menutup dan memblokir tersebut hanya akan berakhir apabila Kartu Kredit Citibank telah diakhiri/ ditutup dan diblokir dan tidak ada lagi kewajiban-kewajiban Pemegang Kartu kepada Citibank yang masih harus dipenuhi. Pemegang Kartu dengan ini mengesampingkan ketentuan Pasal 1813 dan Pasal 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia mengenai berakhirnya pemberian kuasa dan pengangkatan kuasa baru.
11.7 Pemegang Kartu dengan ini menyatakan bertanggungjawab sepenuhnya dan karenanya membebaskan Citibank dari segala tuntutan dan/atau gugatan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami/istri/ahli waris Pemegang Kartu sehubungan dengan pendebetan dan/atau pengakhiran/ penutupan dan pemblokiran tersebut. Pemegang Kartu dengan ini mengikatkan diri dan berjanji untuk sepenuhnya bekerja-sama dengan Citibank dan/atau membantu jika dan pada saat Citibank melaksanakan tindakan-tindakan yang disebutkan diatas dan berjanji tidak akan melakukan suatu tindakan apapun yang membatasi atau mengurangi hak-hak Citibank berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.
12.  Pengaduan Dan Perselisihan
12.1 Dengan memperhatikan ketentuan Pasal 12.2, Pemegang Kartu dapat menyampaikan pengaduan atau keberatan atas suatu hal terkait dengan Kartu Kredit Citibank secara tertulis atau lisan kepada Citibank pada setiap kantor cabang Citibank atau tempat atau melalui sarana penerimaan pengaduan sebagaimana ditentukan oleh Citibank dan diberitahukan oleh Citibank kepada Pemegang Kartu. Pemegang Kartu harus mencantumkan atau menyebutkan nomor Kartu Kredit Citibank sebagai nomor referensi dalam setiap pengaduan atau keberatan yang diajukannya kepada Citibank.
12.2 Pengaduan atau keberatan atas hal-hal yang tercantum dalam Lembar Penagihan hanya dapat diajukan oleh Pemegang Kartu selambat-lambatnya dalam jangka waktu 45 (empat puluh lima) hari kalender sejak tanggal cetak Lembar Penagihan. Pengaduan atau keberatan atas hal-hal lainnya dapat diajukan setiap saat oleh Pemegang Kartu.
12.3 Dalam hal Pemegang Kartu menyampaikan pengaduan atau keberatan secara tertulis, maka pengaduan atau keberatan tersebut wajib dilengkapi dengan fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya. Dalam hal Pemegang Kartu menyampaikan pengaduan atau keberatan secara lisan maka Citibank akan menyelesaikannya dalam 2 (dua) hari kerja. Namun apabila pengaduan atau keberatan lisan tersebut tidak terselesaikan dalam batas waktu tersebut, maka Citibank akan meminta Pemegang Kartu yang bersangkutan atau kuasanya yang sah untuk mengajukan pengaduan atau keberatan secara tertulis kepada Citibank disertai dokumen pendukungnya. Pengaduan tertulis akan diselesaikan paling lambat 20 (dua puluh) hari kerja setelah tanggal penerimaan pengaduan tertulis tersebut dan dapat diperpanjang 20 (dua puluh) hari kerja dengan pemberitahuan tertulis kepada Pemegang Kartu atau wakilnya yang sah.
12.4 Pemegang Kartu berjanji untuk, atas biayanya sendiri, menyelesaikan setiap perselisihan dengan para pedagang (merchant) bilamana terjadi perselisihan, mengenai barang-barang dan jasa-jasa yang dibeli dari para pedagang (merchant), dan Pemegang Kartu dengan ini membebaskan Citibank sepenuhnya atas tanggung-jawab atas barang-barang dan jasa-jasa yang diberikan oleh pedagang (merchant) atau karena penolakan oleh setiap pedagang (merchant) untuk menerima atau menguangkan kembali nilai pembelanjaan Kartu Kredit Citibank atas rekening Pemegang Kartu. Hal tersebut di atas tidak mengesampingkan kewajiban Pemegang Kartu untuk tetap melakukan Pembayaran.
12.5 Pemegang Kartu wajib untuk melunasi semua biaya kepada Citibank, termasuk biaya advokat atau pengacara, yang dikeluarkan untuk tujuan meminta dan/atau menuntut didapatkannya kembali setiap tagihan yang jatuh tempo dari suatu rekening Kartu Kredit Citibank. Ongkos-ongkos dan biaya-biaya yang timbul karena pelanggaran setiap syarat dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi tanggungan Pemegang Kartu dan dapat ditagihkan kepada Pemegang Kartu Kredit Citibank melalui rekeningnya.
13.  Bahasa

Dalam hal Syarat dan Ketentuan ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan apabila ada perbedaan interpretasi antara teks Bahasa Indonesia dan teks Bahasa Inggris, maka teks Bahasa Indonesia yang akan berlaku.

14.  Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.

15.  Pemberitahuan Perubahan Data
15.1 Pemegang Kartu wajib untuk segera memberitahu Citibank atas setiap perubahan alamat tempat tinggal, pekerjaan, usaha atau data lain berkenaan dengan data pribadi Pemegang Kartu, termasuk apabila Pemegang Kartu memutuskan untuk bertempat tinggal di luar Indonesia. Dalam hal Pemegang Kartu tidak memberitahukan hal tersebut di atas, maka data yang sebelumnya dan tercatat dalam database Citibank adalah data yang sah dan mengikat Citibank untuk segala keperluan.
15.2 Apabila Pemegang Kartu merencanakan untuk meninggalkan Indonesia selama lebih dari 30 (tiga puluh) hari kalender, Pemegang Kartu setuju dan jika perlu memberi kuasa tertulis kepada seorang wakil yang ditunjuknya di Indonesia, untuk menyelesaikan rekening dan tagihan atas Kartu Kredit Citibank atas nama dan/atau yang menjadi tanggungan Pemegang Kartu.
16.  Perubahan Syarat dan Ketentuan
16.1 Pemegang Kartu mengetahui, mengerti dan setuju bahwa Citibank dari waktu ke waktu dapat mengubah syarat dan ketentuan Kartu Kredit Citibank serta ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau dalam Pemberitahuan Tertulis termasuk syarat-syarat, jenis dan besar tarif dan biaya-biaya yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau yang tercantum dalam Pemberitahuan Tertulis dan/atau dalam Lembar Penagihan, dengan menyampaikan suatu pemberitahuan tertulis atau pengumuman yang menjelaskan hal tersebut dalam suatu Pemberitahuan Tertulis sesuai ketentuan yang berlaku dalam hal ini paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku pada tanggal sebagaimana dinyatakan oleh Citibank.
16.2 Dalam hal Pemegang Kartu tidak setuju dengan adanya perubahan tersebut, maka Pemegang Kartu yang bersangkutan dapat mengirimkan pernyataan keberatannya tersebut kepada Citibank dalam waktu 1 (satu) bulan terhitung sejak pemberitahuan tersebut dikirim dan/atau diumumkan. Dalam hal Pemegang Kartu yang menyatakan berkeberatan tersebut menyatakan secara sukarela mengakhiri/ menutup Kartu Kredit Citibank atas nama Pemegang Kartu maka Citibank akan mengakhiri/ menutup Kartu Kredit Citibank atas nama Pemegang Kartu tersebut dan Pemegang Kartu wajib sebelumnya menyelesaikan seluruh jumlah Tagihan yang tehutang olehnya kepada Citibank.
16.3 Apabila setelah tanggal perubahan sebagaimana tersebut dalam pemberitahuan yang disampaikan dan/atau diumumkan Citibank, Pemegang Kartu tidak mengajukan keberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16.2 di atas dan tetap menggunakan Kartu Kredit Citibank setelah perubahan tersebut berlaku efektif, maka Pemegang Kartu dengan ini menyatakan secara tegas persetujuannya atas perubahan tersebut dan dengan ini menyatakan tunduk atas seluruh perubahan tersebut tanpa terkecuali.
16.4 Tiap-tiap perubahan, perbaikan atau tambahan dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.
17.  Bukti Penerimaan Komunikasi dari Citibank
17.1 Pemegang Kartu menyetujui bahwa Citibank dapat mengirimkan Komunikasi dalam bentuk apapun kepada Pemegang Kartu ke alamat terakhir Pemegang Kartu yang terdaftar di Citibank (baik alamat rumah atau kantor), atau melalui alamat email Pemegang Kartu yang terdaftar di Citibank. Dalam hal terdapat perubahan alamat Pemegang Kartu, perubahan alamat email Pemegang Kartu, dan/atau perubahan nomor telepon/handphone Pemegang Kartu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya oleh Pemegang Kartu, maka Citibank tidak bertanggung jawab apabila komunikasi yang dikirimkan tidak diterima oleh Pemegang Kartu karena alasan-alasan tersebut di atas. Oleh karena itu, Pemegang Kartu wajib untuk selalu memperbaharui data dan memberitahukannya kepada Citibank apabila ada perubahan, sesuai Pasal 15.1.
17.2 Pemegang Kartu menyetujui bahwa Komunikasi apapun yang diberikan atau diperlukan untuk disampaikan kepada Pemegang Kartu dari Citibank dapat dilakukan antara lain melalui:
  • (a)  telepon atau CitiPhone ("Instruksi Telepon") dan/atau
  • (b)  Media elektronik

Citibank tidak bertanggung jawab atas kegagalan teknis, perangkat keras atau perangkat lunak, gangguan, kerusakan atau kesalahan yang timbul dari Komunikasi sebagaimana tersebut dalam poin 17.2. Dalam hal komunikasi disampaikan melalui telepon atau CitiPhone, Citibank berhak (namun tidak wajib) untuk merekam percakapan antara Pemegang Kartu dengan Citibank.

17.3 Pemegang Kartu memberikan wewenang kepada Citibank (namun tidak wajib) untuk bertindak sesuai dengan Komunikasi yang telah diberikan oleh Pemegang Kartu antara lain melalui:
  • (a)  telepon atau CitiPhone ("Instruksi Telepon") dan/atau
  • (b)  Media elektronik

Dalam hal Komunikasi dilakukan oleh Pemegang Kartu melalui media sebagaimana tersebut dalam poin 17.3, maka syarat dan ketentuan terkait akan berlaku bagi Komunikasi tersebut.

17.4 Sesuai ketentuan yang berlaku, Citibank berhak untuk menganggap Komunikasi sebagai alat bukti yang sah.
17.5 Pemegang Kartu sepakat dan bersedia bertanggung-jawab kepada Citibank atas segala kerugian, biaya dan pengeluaran yang timbul yang disebabkan oleh alasan apapun terkait dengan Komunikasi yang diberikan Pemegang Kartu melalui telepon atau media Komunikasi.
JAVASCRIPT DINONAKTIFKAN