Home>Press Release
RingkasanWhat's On Citi
 
 
Citi Indonesia, PPSW dan Tsao Foundation Asia Tenggara Luncurkan "Financial Education for Mature Women"
Program Pendidikan Keuangan Pertama di Indonesia Bagi Wanita Matang Berusia 40 Tahun ke Atas
Jakarta - Citi Indonesia bersama Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) dan Tsao Foundation Singapura untuk pertama kalinya menyelenggarakan program "Financial Education for Mature Women." Ini merupakan program pendidikan keuangan pertama di Indonesia bagi wanita berusia matang 40 tahun keatas.

Kegiatan peluncuran program ini diselenggarakan pada tanggal 22 Juni, 2011 bertempat di Hotel Kaisar Jakarta mengetengahkan dialog publik bertema Pendidikan Keuangan, Kesehatan dan Kelanjutusiaan untuk Perempuan Matang (40+). Program ini akan berlangsung selama 14 bulan dengan menggelar  serangkaian lokakarya. Peserta lokakarya tersebut akan dibekali dengan pengetahuan praktis dan ketrampilan seperti pengelolaan keuangan sehari-hari, siasat menghindari jerat hutang, pentingnya menabung dan persiapan pensiun sebagai jaminan keuangan hari tua.

Fase pertama program ini beriorientasi pada pengambilan data mengenai kondisi dan kebutuhan anggota kelompok berusia 40 tahun keatas di 18 kabupaten / kota wilayah PPSW. Untuk fase ini, Citi Foundation telah mengalokasikan dana sebesar 105,000 US dollar yang digunakan untuk menjalankan "Asesmen Kebutuhan Finansial dan Kesehatan pada Perempuan Usia 40 tahun ke atas" yang dilakukan oleh Pusat Studi Kelanjutusiaan UI terhadap 350 responden di tujuh lokasi dampingan PPSW yaitu DKI Jakarta, Karawang, Sukabumi, Pontianak, Riau, Aceh dan Banten. Data yang diperoleh kemudian akan dijadikan landasan untuk pembuatan modul dan implementasi program Financial Education for Mature Women yang akan dilakukan pada fase  berikutnya, dimana Citi Foundation juga telah mengalokasikan dana sebesar 130,000 US dollar.

Menurut Prof.Dr.Drg. Tri Budi W Rahardjo, Center for Ageing Studies-Universitas Indonesia (CAS-UI) "Hasil observasi pada fase pertama program ini memberikan kesimpulan bahwa perempuan matang (40+) belum memiliki kesadaran dan pengetahuan serta pemahaman -
tentang perencanaan dan pengelolaan finansial untuk masa depan, untuk itu, sosialisasi tentang kebutuhan finansial pada perempuan matang (40+) sangatlah penting agar masyarakat, khususnya perempuan mempunyai persiapan untuk merencanakan masa tua yang bahagia."

Tigor M Siahaan, Country Business Manager Citi Indonesia mengatakan, "Program Financial Education for Mature Women ini merupakan salah satu komitmen dan sumbangsih Citi dibidang pendidikan keuangan bagi masyarakat, khususnya perempuan matang (40+) di Indonesia." "Program ini diharapkan dapat mendukung gerakan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas," tambahnya.

Menurut data yang diperoleh, sekitar 64,918,918 populasi masyarakat Indonesia berusia 40 tahun keatas, dimana  41.7 persennya adalah wanita dan 69.4% dan diantaranya yang masih aktif bekerja.  Data statistik BPS 2009 menunjukkan, kurang lebih 32.53 juta masyarakat Indonesia berada dibawah garis kemiskinan, dengan usia rata-rata kepala keluarga 48 tahun.

Melalui program Financial Education for Mature Women ini, sekitar lebih dari 4,500 wanita akan merasakan manfaat yang sangat besar dari program ini dan pada tahun 2011 sedikitnya 600 wanita akan mengikuti program pendidikan finansial. Mayoritas mereka berlatar belakang pendidikan SD dan bekerja di berbagai sektor informal sebagai  penjahit, petani, peternak, buruh pabrik, pengrajin, pedagang kecil, penjual makanan, dll dan berpenghasilan kurang dari Rp.500,000 per bulan.
Useful Link
What's On Citi
Print