Citigold Event

Home|Perbankan|Citigold Event

Citi Indonesia sebagai Agen
Penjual Pertama Reksa Dana
Mandiri Global Sharia Equity Dollar

 

An Intimate Afternoon with Plaza Indonesia & Citi
Ringkasan

PT Mandiri Manajemen Investasi Tunjuk Citi Indonesia
sebagai Agen Penjual Pertama
Reksa Dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar

Sebagai bank berskala global terkemuka, Citi Indonesia dipercaya untuk memasarkan serta menjadi bank kustodian produk Reksa Dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar

Mengikuti peluncuran Reksa Dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar oleh PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) pada tanggal 26 Juli 2016 silam, November lalu Citi Indonesia ditunjuk sebagai bank agen penjual pertama untuk penjualan Reksa Dana terbaru dari Mandiri Investasi ini. Mandiri Global Sharia Equity Dollar (MGSED) merupakan Reksa Dana saham syariah yang berinvestasi di pasar modal luar negeri yang pertama kali dikeluarkan oleh perusahaan manajemen investasi nasional.

Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia menyatakan, "Kami menyambut baik kesempatan serta kepercayaan yang diberikan oleh Mandiri Investasi untuk mendukung penjualan produk Reksa Dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar di Indonesia. Sebagai bank berskala global yang memiliki keunggulan di bidang wealth management, Citi optimis penjualan Reksa Dana ini akan membuka akses bagi para investor termasuk nasabah Citigold kami di Indonesia untuk melakukan diversifikasi aset ke pasar global. Sesuai dengan misi Citi yaitu enabling growth and economic progress, kami mendukung penuh perkembangan pasar modal dengan instrumen berbasis syariah di Indonesia."

Kondisi ekonomi global yang sudah mulai meningkat merupakan kesempatan baik bagi Mandiri Investasi untuk meluncurkan Reksa Dana berbasis syariah luar negeri. Mandiri Global Sharia Equity Dollar diharapkan berhasil menjadi instrumen investasi alternatif dalam denominasi Dolar Amerika Serikat dan juga pilihan yang sesuai untuk berinvestasi aset Dolar Amerika Serikat berbasis syariah. Reksa Dana ini akan mengalokasikan portofolionya ke pasar saham di luar negeri.

Muhammad Hanif, Direktur Utama Mandiri Investasi mengungkapkan, "Reksa Dana ini dapat digunakan sebagai akses bagi para calon investor di Indonesia untuk berinvestasi sepenuhnya di pasar saham luar negeri. Selain itu, Reksa Dana ini menggunakan prinsip syariah yang sangat berhati-hati dan bertanggung jawab dalam proses pemilihan saham luar negeri di portofolio Reksa Dana menambah keunikan dan nilai tersendiri."

Muhammad Hanif juga menekankan pentingnya kerja sama antara Mandiri Investasi dan Citi dalam penjualan produk ini. "Dengan menggandeng mitra global seperti Citi, Mandiri Investasi percaya kolaborasi ini akan membangun sinergi yang kuat dalam manajemen portofolio Mandiri Global Sharia Equity Dollar. Selain sebagai agen penjual, penunjukkan Citi sebagai bank kustodian bagi Reksa Dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar ini didasari oleh pengalaman dan komitmen Citi di Indonesia yang mendukung penjualan Reksa Dana syariah."

Harsya Prasetyo, Head of Retail Bank Citi Indonesia juga menyambut gembira penjualan Reksa Dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar oleh Citi Indonesia ini. "Penunjukkan Citi sebagai agen penjual pertama Reksa Dana syariah global dari Mandiri Investasi ini akan memperpanjang rekam jejak Citi dalam menyediakan layanan Reksa Dana syariah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan inisiatif para pelaku industri Reksa Dana yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan adopsi produk-produk berbasis syariah. Citi Indonesia senantiasa berperan serta dalam mendukung perkembangan pasar modal bagi produk-produk pelopor Reksa Dana berbasis syariah."

Reksa Dana syariah telah beredar sejak tahun 1997 di Indonesia, akan tetapi keberadaannya belum sebesar Reksa Dana konvensional. Keberadaan Reksa Dana syariah di Indonesia dalam waktu 10 tahun belakangan menunjukkan hasil yang sangat baik . Dengan dikeluarkannya peraturan baru oleh OJK mengenai investasi syariah pada akhir tahun 2015, kini Reksa Dana syariah global dapat berinvestasi hingga 100% pada pasar modal luar negeri. Sebelumnya, Reksa Dana tersebut hanya dapat berinvestasi hingga 15% di luar negeri.

"Kami yakin bahwa kedepannya produk Mandiri Global Sharia Equity Dollar akan menjadi alternatif investasi yang menguntungkan. Melalui kerja sama dengan Citi Indonesia kami memiliki komitmen untuk memajukan pasar modal Indonesia agar menjadi yang terdepan dalam kompetisi di pasar modal internasional. Kami berharap produk ini dapat diterima dengan baik dan menjaring investor jangka panjang," tutup Muhammad Hanif.

Mandiri Investasi berkolaborasi dengan perusahaan manajer investasi global terkemuka, J.P. Morgan Asset Management yang berperan sebagai technical advisor dalam mengelola portfolio global Mandiri Global Sharia Equity Dollar, dengan tujuan untuk mendapatkan potensi imbal hasil yang menarik dalam Dolar Amerika Serikat. J.P. Morgan Asset Management akan memberikan masukkan serta akses riset global kepada Mandiri Investasi. J.P. Morgan Asset Management memiliki pengalaman panjang mengelola portfolio global dengan didukung oleh riset lengkap dan luas di seluruh dunia. Kolaborasi antara Mandiri Investasi dan J.P.Morgan Asset Management diyakini akan memberikan sinergi yang kuat dalam pengelolaan portfolio global Mandiri Global Sharia Equity Dollar

JAVASCRIPT DINONAKTIFKAN