Keamanan Perbankan Online

Home|Hubungi Kami|Keamanan Perbankan Online

Safeguard your
online banking account.

Safeguard your online banking account.

Di Citibank, keamanan Anda saat bertransaksi perbankan online merupakan prioritas kami. Kami senantiasa berusaha untuk mengembangkan fitur keamanan guna melindungi informasi pribadi Anda.


Sebagai pengguna Citibank Online atau Citi Mobile, harap perhatikan langkah-langkah keamanan yang kami rekomendasikan berikut untuk memastikan pengalaman perbankan online yang lebih aman dan nyaman bagi Anda.


TIPS KEAMANAN DASAR

Aktifkan Firewall

Waspada E-mail Phishing

Aktifkan firewall yang berfungsi menjaga koneksi yang tidak diinginkan mengakses data Anda. Pastikan anti-virus atau proteksi malware terpasang pada komputer atau device Anda, serta operating system dan browser selalu terbarui.

Jangan membalas e-mail yang meminta Anda untuk memberikan informasi data pribadi atau password Anda. Segera laporkan kepada kami jika mengalami hal seperti ini.

Jaga informasi rahasia Anda dari siapapun

Password yang kuat dan aman

Jaga kerahasiaan informasi akses Anda seperti nomor kartu, username, password dan jangan berbagi informasi tersebut kepada siapapun, maupun mencatat atau menyimpan pada lokasi yang dapat dengan mudah diakses orang lain. Jika Anda perlu mencatat informasi tersebut, pastikan informasi dilengkapi enkripsi sehingga tidak dapat diakses oleh siapapun.

Pastikan password Anda tidak tersimpan di dalam file pada komputer. Gunakan password yang kuat (misalnya: jangan menggunakan tanggal lahir untuk password Anda) dan ubah password secara reguler.

Nomor Kartu dan PIN

Keamanan informasi kartu

Pastikan PIN kartu atau PIN CitiPhone tidak disimpan bersama dengan nomor kartu Anda.

Pastikan Anda tidak pernah memberikan informasi yang tertera pada kartu Anda seperti masa berlaku kartu maupun 3 angka yang tertera di bagian belakang kartu.

Tautan atau lampiran file yang mencurigakan

Dugaan kehilangan atau intersepsi informasi akses perbankan online

Waspada saat menerima e-mail, SMS atau MMS. Jangan membuka tautan maupun lampiran file yang Anda anggap mencurigakan.

Jika Anda menduga atau mengetahui bahwa informasi akses perbankan online Anda telah hilang atau tercuri, segera hubungi kami melalui CitiPhone Banking di (021) 252-9999 dari ponsel untuk permintaan blokir akses ke rekening.

LOGIN


Situs resmi Citibank Indonesia

Pastikan akses ke online banking selalu dilakukan melalui situs resmi Citibank Indonesia di 'https://www.citibank.co.id' dan Anda selalu berada pada situs web yang aman (secure website) sebelum mengirim informasi Anda melalui web browser. Untuk memastikan Anda berada pada situs web yang aman:

  1. Periksa alamat situs web yang Anda kunjungi, harus diawali dengan "https://", bukan "http://".
  2. Situs web yang aman juga dilengkapi dengan icon gembok pada panel status di bagian atas browser. Klik untuk melihat rincian sertifikat keamanan, yang diterbitkan untuk Citibank.
    Untuk memverifikasi bahwa situs web otentik, periksa beberapa hal berikut:
    • Sertifikat diterbitkan untuk www.citibank.co.id
    • Sertifikat diterbitkan oleh Symantec.
    • Sertifikat memiliki tanggal yang valid.
  3. Jika Anda berada pada halaman "https://..." dan menerima peringatan bahwa SSL Certificate bukan diterbitkan untuk Citibank, Anda disarankan untuk segera menutup sesi dan hubungi kami melalui CitiPhone Banking di (021) 252-9999 dari ponsel guna melaporkan insiden tersebut.
  4. Seluruh data yang dikirim ke dan dari Citibank telah melalui proses "pengacakan" dan "penggabungan" antara Citibank dan komputer pribadi Anda dengan mengggunakan enkripsi 128-bit, yang merupakan salah satu teknologi enkripsi terbaik yang tersedia saat ini.

Login ke Citibank Online

  • Untuk dapat mengakses rekening Anda secara online, Anda hanya akan diminta memasukkan username dan password – jika Anda diminta untuk memberikan informasi lainnya pada layar login, segera hubungi kami di (021) 252-9999 dari ponsel.
  • Pastikan tidak ada yang melihat username maupun password Anda saat login ke sistem.
  • One-Time PIN (OTP) - Saat Anda melakukan aktivitas tertentu, seperti aktivasi kartu, transfer dana, atau melihat E-Statement, Citibank Online akan meminta Anda memasukkan OTP. OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Anda yang terdaftar pada sistem kami atau Anda dapat melakukan registrasi Mobile OTP pada Citi Mobile App, guna menyelesaikan permintaan Anda.
  • Transaction Activation Code (TAC) - merupakan fitur keamanan tambahan untuk transfer dana ke pihak ketiga. TAC adalah kode 6 digit untuk mengaktifkan Penerima Dana yang baru saja ditambahkan di Citibank Online. Aktivasi Penerima Dana hanya perlu dilakukan sekali saja.
  • Hindari mengakses perbankan online menggunakan jaringan WiFi di tempat umum (kafe, perpustakaan, dan lainnya).
  • Pastikan Anda selalu berada di dekat komputer saat login ke Citibank Online.
  • Selalu logout setelah mengakses sesi perbankan online, sebelum menutup jendela browser Anda.

KEAMANAN TAMBAHAN


Jaga informasi password, PIN dan rekening Anda

  • Ubah PIN dan password secara reguler dan berkala.
  • Pastikan untuk tidak berbagi informasi termasuk One-Time PIN kepada siapapun.
  • Password sebaiknya tidak berasal dari informasi pribadi Anda. Gunakan kombinasi dari setidaknya enam karakter dengan huruf besar/kecil, tanpa mengandung pengulangan angka atau huruf lebih dari sekali.
  • Gunakan password yang berbeda untuk situs perbankan online dan situs non-perbankan online.
  • Pastikan Anda tidak menyimpan informasi akses saat login melalui komputer publik dan tidak ada yang melihat saat Anda memasukkan username dan password.
  • Bersihkan cache pada browser dan histori setelah setiap sesi.
  • Selalu logout setelah mengakses perbankan online dengan klik tombol "Logout" pada bagian atas browser.
  • Nonaktifkan fungsi "auto complete" pada browser Anda dan jangan pilih opsi "auto save" pada browser agar username dan password Anda tidak tersimpan ketika login.
  • Back-up semua file penting sebagai referensi cadangan jika akun atau identitas Anda terancam.

Pasang software keamanan

  • Pasang software anti-virus, anti-spyware dan malware detection, dan perbarui secara berkala. Pertahanan terbaik dari serangan komputer adalah software yang melindungi dan pindai komputer secara rutin dari virus sebelum login ke situs web manapun.
  • Pasang personal firewall untuk mencegah akses yang tidak diinginkan masuk ke komputer Anda.
  • Waspada dan jangan memasang software atau menjalankan program dari sumber yang tidak Anda kenal. Software yang menyatakan dapat meningkatkan performa komputer Anda bisa juga merupakan spyware yang mengumpulkan segala informasi Anda tanpa diketahui.

Waspada email penipuan atau phishing

  • Jangan berbagi informasi sensitif melalui email. Biasanya email penipuan atau phishing disamarkan dengan sebagai email personal dari kerabat Anda.
  • Jangan membuka email atau lampiran file dari pengirim yang tidak Anda kenal.
  • Waspada saat meng-klik tautan yang dikirimkan melalui email.
  • Pastikan Anda memeriksa ulang kebenaran alamat situs yang Anda kunjungi.
  • Saat menerima email dari Citi®, nama pengirim adalah Citibank Indonesia .

Berkirim pesan singkat secara bijak dan aman

  • Pesan SMiShing yang dikirim akan terlihat seolah-olah berasal dari pengirim yang sah dan berisi tautan yang akan membawa Anda ke situs web palsu atau bahkan meminta Anda melakukan panggilan ke nomor telepon tertentu.
  • Dengan meng-klik tautan dari pesan singkat tersebut dapat juga menyebabkan ancaman lainnya seperti menyebarkan virus pada ponsel Anda.
  • Hindari mengunjungi tautan pada pesan singkat yang tidak jelas. Anda sebaiknya langsung mengunjungi www.citibank.co.id.
  • Jangan merespon panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Jika ada panggilan tidak terjawab pada ponsel atau ada pesan singkat dari nomor yang tidak Anda kenal, lebih aman untuk mengabaikan panggilan atau menghapus pesan.
  • Pasang fitur pemblokir. Tanyakan kepada operator seluler Anda jika mereka menyediakan pilihan untuk memblokir untuk Check with your network jenis pesan teks tertentu.

Proteksi dari pengambilalihan nomor ponsel (SIM Swap)

Apakah SIM Swap?

SIM Swap adalah pengambilalihan nomor ponsel Anda sebagai sarana bagi pelaku kejahatan untuk mengakses akun perbankan.


Bagaimana SIM Swap dilakukan oleh pelaku pemalsuan?

  • Pelaku yang sudah mengumpulkan informasi perbankan personal milik korban kemudian mendatangi cabag operator seluler dan meminta penggantian kartu SIM milik korban, dengan menggunakan bukti identitas palsu guna memperoleh kartu SIM baru.
  • Setelah melakukan verifikasi, operator seluler menerbitkan kartu SIM pengganti dan menonaktifkan kartu SIM asli yang masih berada di tangan pemilik sah.
  • Pelaku kemudian melakukan transaksi perbankan, dimana One-Time PIN (OTP) akan dikirimkan ke kartu SIM baru dan melakukan transaksi finansial tanpa sepengetahuan korban.

Tips untuk menjaga keamanan Anda dari penyalahgunaan SIM Swap

  • Jika ponsel Anda berhenti bekerja untuk alasan yang tidak biasa, segera cek dengan operator selular Anda.
  • Jaga kerahasiaan informasi pribadi Anda (Password / Internet Banking / PIN ATM / PIN telepon) dan jangan pernah berbagi informasi tersebut kepada siapa pun.
  • Jangan mempublikasikan nomor ponsel Anda pada akun media sosial, atau gunakan nomor ponsel yang berbeda untuk layanan perbankan.
  • Aktifkan layanan SMS dan e-mail alert untuk menerima notifikasi atas transaksi maupun perubahan pada rekening Anda.
  • Jangan pernah menjawab panggilan tidak dikenal yang meminta Anda untuk memberikan rincian rekening serta nomor ponsel yang terdaftar.
JAVASCRIPT DINONAKTIFKAN