Frequently Asked Question
Frequently Asked Question
Single Username
Apakah Single Username itu?

Dengan Single Username, Anda dapat login ke Citibank Online menggunakan hanya satu user ID pilihan Anda, dimana Anda dapat mengakses seluruh rekening Citibank Anda melalui Citibank Online dari komputer/laptop/smartphone.

  • Login dengan user ID dan password Anda
  • Pilih user ID yang ingin Anda gunakan
  • Konfirmasi user ID dan password
Apakah hal ini akan berlaku untuk Saya?

Single Username dapat berlaku bila Anda mempunyai beberapa user ID untuk tiap rekening Anda di Citibank (contoh: Anda mempunyai user ID yang berbeda untuk Kartu Debet Citibank, Kartu Kredit Citibank dan Ready Credit Citibank)

Saya hanya mempunyai satu user ID. Apakah hal ini akan berlaku untuk Saya?

Tidak. Jika Anda hanya mempunyai satu rekening di Citibank (perbankan atau kartu kredit atau Ready Credit) dan Anda mempunyai user ID untuk mengakses rekening Anda di Citibank Online, hal ini tidak akan berlaku untuk Anda.

Saya lebih banyak menggunakan aplikasi Citi Mobile atau login melalui tablet. Apakah hal ini akan berlaku untuk Saya?

Login pada aplikasi Citi Mobile akan menggunakan User ID yang sama dengan User ID Citibank Online Anda. Setelah 27 Oktober 2013 Jika Anda memiliki lebih dari 1 User ID dan Anda mengakses CBOL dari komputer Anda, Anda akan diminta untuk memilih User ID yang dapat digunakan baik di aplikasi mobile maupun internet banking.

Saya mempunyai beberapa rekening perbankan Citibank luar negeri. Apakah fitur Global View of Account (GVA) akan terpengaruh dengan fitur Single Username ini?

Ya, fitur GVA untuk negara-negara berikut mungkin terpengaruh oleh fitur Single Username: Singapura, IPB Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, Filipina, Australia, dan Guam. Silakan mendaftarkan kembali rekening Anda untuk GVA jika Anda tidak bisa mengakses rekening Citibank Anda di negara-negara di atas.

Registrasi
Bagaimana Saya membuat user ID untuk Citibank Online?

Anda dapat membuat user ID menggunakan rekening Anda dengan mengklik DAFTAR pada halaman login Citibank Online.

Langkah 1

Pilih tipe rekening Anda dengan mengklik gambar kartu yang sesuai.

  • Pilihan 1: Jika Anda mempunyai rekening perbankan atau rekening koran atau Ready Credit (Anda mempunyai Kartu Debet Citibank/ Ready Credit)
  • Pilihan 2: Jika Anda mempunyai rekening Kartu Kredit Citibank saja

Langkah 2

Baca Syarat dan Ketentuan kemudian klik SETUJU

Langkah 3

Masukkan detil rekening Anda


Rekening Perbankan atau rekening koran atau Ready Credit


Pemegang Kartu Kredit Citibank

Langkah 4

Masukkan One-Time PIN (OTP) yang Anda terima melalui via SMS pada nomor ponsel Anda yang terdaftar pada kami.

Langkah 5

Buat User ID dan password Anda.


Langkah 6

Konfirmasi registrasi.


Apakah ada aturan untuk membuat User ID?

Untuk memastikan user ID Anda unik dan aman, pastikan untuk mengikuti panduan berikut:

  • Tidak mengandung nomor Kartu Debet atau Kartu Kredit Citibank Anda
  • Mengandung huruf dan angka (contoh qwert145)
  • Terdiri dari minimal 6 karakter
  • Tidak dapat mengandung 3 atau lebih karakter yang sama dengan berturut-turut (contoh: "aaa101", "user999", "abbb10").
  • Tidak dapat mengandung 3 atau lebih karakter dengan berurutan (contoh: "abc007", "user123", "xx789xx")

User ID Anda akan ditolak jika user ID tersebut sudah digunakan oleh nasabah lainnya.

Mengapa password yang Saya pilih untuk gunakan ditolak? Apakah ada aturan untuk membuat password?

Untuk memastikan keamanan rekening Anda, silakan ikut panduan berikut dalam membuat password:

  • Tidak mengandung spasi sebelum karakter pertama dan sesudah karakter terakhir (contoh: _qwert145_).
  • Tidak dapat sama dengan user ID Anda
  • Harus mengandung huruf dan angka (contoh qwert145)
  • Harus terdiri dari minimal 6 karakter
  • Tidak dapat mengandung 3 atau lebih karakter yang sama dengan berturut-turut (contoh: "aaa101", "user999", "abbb10").
  • Tidak dapat mengandung 3 atau lebih karakter dengan berurutan (contoh: "abc007", "user123", "xx789xx")
Pemindahan Dana & Pembayaran
Bagaimana Saya melakukan Transfer Dana & Pembayaran?
  • Pilih Transfer Dana & Pembayaran dari menu di atas
  • Pilih rekening tujuan transfer dana Anda
    1. Transfer antar rekening Anda di Citibank
    2. Transfer ke rekening lain di Citibank
    3. Transfer ke bank lain dalam Rupiah (via Clearing/SKN)
    4. Transfer ke bank lain dalam Rupiah (via ATM Bersama)
    5. Transfer ke bank lain dalam Mata Uang Asing (via Telex)
    6. Transfer ke Citibank di negara lain dalam Mata Uang Asing (via Citibank Global Transfer)*
      (*Anda harus mendaftarkan dan mengaktifkan Penerima Dana sebelum melakukan transfer dana. Klik Daftar Penerima Dana > Tambah Penerima Dana di menu Pemindahan Dana & Pembayaran)
  • Pilih rekening sumber dana Anda untuk transfer dana
  • Masukkan detil transfer atau pembayaran
  • Konfirmasi detil transfer atau pembayaran
  • Klik ‘Lakukan Pemindahan Dana’ untuk mentransfer dana Anda
Apakah terdapat limit transaksi untuk transfer dana & pembayaran?

Untuk limit dan biaya transfer dana, Anda dapat mengacu ke halaman ini

Bisakah Saya melakukan beberapa Transfer Dana & Pembayaran sekaligus?
  • Bisa. Dengan menu “Lakukan Beberapa Transfer Dana & Pembayaran”, Anda dapat melakukan transfer dana atau pembayaran ke lima (5) penerima dana sekaligus dalam satu transaksi.
  • Klik Transfer Dana & Pembayaran pada menu di atas dan pilih “Lakukan Beberapa Transfer Dana & Pembayaran”.
  • Pilih rekening tujuan, rekening sumber dana, masukkan detil transfer dan klik Lanjutkan.
Dimana Saya bisa melihat transfer dana dan pembayaran berikutnya yang telah Saya jadwalkan?

Anda dapat melihat transfer dana dan pembayaran berikutnya di menu Atur Transfer Dana & Pembayaran > Transfer Dana Rutin. Anda dapat mengubah dan menghapus transfer yang dijadwalkan.

Citi-Alerts
Apakah Saya harus membayar untuk menggunakan Citi Alerts?

Tidak, layanan Citi Alerts adalah gratis untuk Nasabah; namun operator telepon seluler Anda mungkin mengenakan biaya untuk penerimaan notifikasi via SMS. Citibank dapat mengenakan biaya sewaktu-waktu untuk layanan ini.

Apakah Saya bisa mendapatkan layanan Citi Alerts?

Semua Nasabah Citibank yang memegang produk perbankan, kartu kredit dan produk investasi yang mempunyai notifikasi Citi Alerts bisa mendapatkan notifikasi ini.

Bagaimana cara Saya mendaftar Citi Alerts?

Untuk mendaftar Citi Alerts, Anda dapat mendaftar via:

  • Login ke Citibank Online dengan user ID dan password Anda. Klik Profil Saya > Citi Alerts > Atur Alerts untuk mendaftarkan notifikasi Anda.
  • Atau, Anda dapat menghubungi CitiPhone Banking 24-Jam (021) 252-9999 untuk mendaftar.
Saya baru saja mendaftar Citi Alerts melalui Citibank Online. Kapan layanan ini dapat digunakan?

Setelah mendaftar, Anda akan menerima notifikasi pada hari kerja berikutnya.

Bagaimana notifikasi ini dikirimkan?

Notifikasi akan dikirimkan melalui email atau SMS tergantung dari pengaturan Anda.

Operator apa saja yang bisa mengirimkan Citi Alerts melalui SMS?

Citi Alerts SMS dikirimkan ke hampir semua operator telepon seluler di Indonesia. Pengiriman SMS ke ketika di Anda berada luar negeri tergantung jaringan yang disediakan operator Anda. Ingat bahwa operator telepon seluler Anda mungkin mengenakan biaya untuk penerimaan SMS di luar negeri.

Dapatkah Saya menerima Citi Alerts bila nomor ponsel Saya yang didaftarkan di Citibank adalah nomor ponsel luar negeri?

Ya, Citi Alerts melalui SMS dapat dikirimkan ke nomor ponsel lokal dan internasional. Penerimaan SMS Citi Alerts tergantung jaringan operator telepon seluler Anda.

Dapatkah Saya menerima Citi Alerts melalui SMS dengan ponsel apa saja?

Ya, Citi Alerts yang dikirimkan melalui SMS yang tersedia pada seluruh ponsel yang memiliki fungsi SMS.

Saya telah mengganti nomor ponsel Saya. Apakah Saya harus memberitahu Citibank?

Ya, Anda harus memberitahukan kepada Citibank ketika ada perubahan nomor ponsel. Karena Citi Alerts SMS dapat mengandung informasi mengenai rekening Anda, penting bagi Anda untuk memastikan data Anda yang terdaftar pada kami adalah yang terkini.

Apakah Saya harus mendaftar lagi jika Saya mendapatkan kartu pengganti (contoh kartu hilang)?

Tidak, selama data pribadi Anda tidak berubah, layanan Citi Alerts akan mengirimkan notifikasi sesuai dengan pengaturan ke detil kontak Anda.

Jika Saya upgrade kartu, apakah Saya harus mendaftar lagi?

Tidak, selama data pribadi Anda tidak berubah, layanan Citi Alerts akan mengirimkan notifikasi sesuai dengan pengaturan ke detil kontak Anda.

Bagaimana Saya dapat memberitahu Citibank ketika ada perubahan data?

Anda dapat mengubah data Anda dengan cara berikut:

  • Login ke www.citibank.co.id dan ubah data Anda.
  • Hubungi Layanan 24-Jam CitiPhone (021) 252-9999.
  • Ubah data Anda di Kantor Citibank, untuk daftar lengkap klik disini.
e-statements
Apakah e-Statement?

e-Statement adalah versi elektronik dari laporan perbankan atau tagihan Anda yang tersedia di Citibank Online dan dikirimkan ke email Anda.

Apa saja keuntungan Citibank e-Statement?
  • Akses mudah dan penyimpanan yang rapi (akses 24-jam sehari 7-hari seminggu dimana saja melalui email pribadi atau Citibank Online)
  • Dapat diakses hingga 12 bulan ke belakang (melalui Citibank Online)
  • Cepat – dikirimkan ke email Anda ketika tersedia di sistem kami. Tidak perlu menunggu pos.
  • Aman - Informasi dilindungi dengan password dan pengiriman melalui email dilindungi dengan 128-bit enkripsi
  • Notifikasi melalui SMS ketika kami tidak bisa mengirimkan e-Statement Anda
  • Dapat dikirim ulang tanpa biaya (Nasabah dapat meminta dikirimkan e-Statement melalui email dengan menghubungi Layanan 24-Jam CitiPhone (021) 252-9999)
Siapa saja yang bisa mendapatkan layanan e-Statement?

Semua nasabah yang memegang rekening perbankan, kartu kredit dan produk investasi dapat mendaftar untuk layanan e-Statement.

Bagaimana Saya mendaftar layanan e-Statement?

Untuk mendaftar e-Statement, ikuti langkah mudah berikut:

  1. Login ke Citibank Online
  2. Klik ‘PROFIL SAYA’
  3. Pilih ‘E-STATEMENT/E-ADVICES’
    • Klik “Lihat atau Ubah Pendaftaran e-Statements/e-Advices” kemudian “Ubah Detil Pendaftaran
    • Pastikan email Anda benar:
    • Pilih pendaftaran e-Statement :
    • [Jika tidak ada alamat email alternatif, abaikan pilihan ini] Pilih Email untuk Pengiriman Pemberitahuan Pilihan Anda.
    • Tentukan e-Statement password Anda untuk keamanan pribadi:
    • Tandai kotak Syarat & Ketentuan
    • Klik ‘LANJUT’ untuk memproses pendaftaran dan ‘KONFIRMASI’ untuk mengaktifkan e-Statement
Apakah Saya harus membayar untuk layanan ini?

Anda dapat menikmati layanan ini tanpa biaya.

Apakah Saya masih menerima laporan perbankan atau tagihan melalui kertas jika Saya terdaftar E-Statement Citibank?

Anda tidak akan menerima laporan perbankan atau tagihan dalam bentuk kertas bila terdaftar E-Statements Citibank.

Dapatkah Saya meminta untuk menerima laporan perbankan atau tagihan melalui kertas dan elektronik untuk rekening Saya?

Tidak, setelah Anda terdaftar e-Statement, Anda tidak akan menerima dalam bentuk kertas.

Bagaimana cara melihat E-Statements secara online?

Anda dapat melihat E-Statements melalui Citibank Online:

  1. Install Acrobat Reader versi 7.0 atau diatas. Untuk mendapatkan file instalasi Acrobat Reader, silakan klik get.acrobat.com/reader/
  2. Login ke Citibank Online
  3. Klik ‘Profil Saya’ dan pilih ‘E-STATEMENT/E-ADVICES’
  4. Klik ‘Lihat e-Statement’ dan pilih rekening/kartu kredit Anda
  5. Pilih periode
  6. Klik LANJUT’ untuk melihat e-Statement Anda.
Apakah ada hal-hal yang harus diketahui terkait keamanan online?

Disarankan agar Anda menghapus temporary internet files pada browser Anda setelah melihat e-Statement.

Apakah Saya harus mengganti password standar yang digunakan untuk membuka lampiran PDF e-Statement yang dikirimkan ke alamat email Saya?

Agar lebih aman, Anda disarankan untuk mengganti password standar Anda segera. Anda dapat melakukannya dengan

  • Login ke Citibank Online
  • Klik ‘PROFIL SAYA’
  • Pilih ‘E-STATEMENT/E-ADVICES’
  • Klik “Lihat atau Ubah Pendaftaran e-Statements/e-Advices” kemudian “Ubah Detil Pendaftaran.
  • Tentukan password Anda dengan mengikuti panduan password:
Bagaimana Saya tahu jika e-Statement sudah dapat Saya akses?

Anda akan dikirimkan email dengan lampiran PDF yang terlindungi password, berisi laporan perbankan/tagihan Anda. Anda dapat melihat laporan perbankan/tagihan Anda melalui Citibank Online.

Kapan Saya mulai menerima e-Statement Saya?

Setelah pendaftaran berhasil, Anda akan menerima laporan perbankan/tagihan elektronik pada bulan berikut dan seterusnya. Setiap bulan laporan perbankan/tagihan Anda akan dikirimkan ke alamat email Anda dalam bentuk lampiran PDF yang terlindungi dengan password.

Dapatkah Saya melihat e-Statement melalui Citibank Online sebelum pendaftaran Saya?

Ya, Anda dapat melihat laporan perbankan/tagihan hingga 12 bulan ke belakang.

Password mana yang harus Saya gunakan untuk mengakses e-Statement di bulan sebelumnya jika Saya sudah mengganti password?

Perubahan password lampiran PDF laporan perbankan/tagihan efektif di bulan berikut. Gunakan password lama Anda untuk mengakses e-Statement di bulan sebelum Anda mengganti password.

Berapa lama e-Statement akan tersimpan di email Saya?

Laporan perbankan/tagihan akan tersimpan di email Anda tanpa batas waktu, Anda juga dapat menyimpan e-Statement di komputer Anda.

Berapa lama Saya bisa melihat e-Statement di Citibank Online?

Anda bisa mengakses laporan perbankan/tagihan hingga 12 bulan ke belakang. Untuk mendapatkan laporan perbankan/tagihan diatas 12 bulan, hubungi CitiPhone (021) 252-9999. Citibank mungkin mengenakan biaya untuk permintaan ini.

Bagaimana cara Saya menyimpan salinan e-Statement Saya?

Anda dapat menyimpan atau mencetak salinan laporan perbankan/tagihan dengan mengklik ikon ‘save’ atau ‘print’ pada navigasi bagian atas software Adobe Reader.

Jika Saya pemegang kartu tambahan, dapatkah Saya mendaftar e-Statement?

Tidak, hanya pemegang kartu utama yang dapat mendaftar untuk layanan e-Statement

Dapatkah Saya memilih untuk menerima laporan perbankan/tagihan elektronik untuk rekening perbankan Saya dan melalui kertas untuk rekening Saya?

Bisa, Anda bisa menghubungi Layanan 24-Jam CitiPhone (021) 252-9999 untuk meminta perubahan pada laporan perbankan/tagihan versi elektronik Anda

JAVASCRIPT DINONAKTIFKAN