Citibank Debit Card

Home|Perbankan|Citibank Debit Card
Your Citibank Debit Card

Kartu Debit Citibank menghadirkan kenyamanan perbankan Anda di Indonesia dan di seluruh dunia. Kemudahan bertransaksi dari penarikan tunai hingga pembelian harian Anda, yang Anda butuhkan hanyalah Kartu Debit Citibank. Anda akan merasakan keistimewaan gaya hidup yang eksklusif ketika Anda bertransaksi dengan kartu Anda.

Benefits
Nasabah Perempuan Citibank sedang berbelanja online menggunakan Kartu Debit Citi

Online Shopping

  • Bertransaksi Online yang nyaman dan aman di banyak online merchant/e-commerce di seluruh dunia.
Nasabah Citibank menerima notifikasi pengeluaran di laptopnya

Spending Alerts

  • Nikmati peace-of-mind dengan Citi Alerts.
  • Setiap transaksi Kartu Debet Anda akan mendapatkan notifikasi melalui SMS atau e-mail.
Guidelines
Activation

2-Way SMS

Ketik AKT <spasi> <4 digit terakhir Kartu Debit Citibank Anda> dan kirim ke 69999.

ATM

Lakukan tarik tunai atau transfer di ATM Citibank atau ATM Bersama dengan menggunakan PIN yang Anda terima.

Citibank Online

  • Login melalui www.citibank.co.id, masukkan username dan password Anda.
  • Pilih 'Layanan', 'Profil Saya', 'Aktivasikan Kartu Kredit/Ready Credit/Debit Citibank Anda', Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui hardware token atau mobile OTP.
  • Pilih Kartu Debit Citibank Anda, klik 'Aktifkan', dan Kartu Anda telah aktif.

Citi Mobile

  • Buka aplikasi Citi Mobile Anda masukkan username dan password Anda.
  • Pilih menu yang berada di kiri atas lalu pilih 'Aktivasi Kartu Citibank', Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui hardware token atau mobile OTP.
  • Cocokan 4 digit terakhir Kartu Debit Citibank Anda, tekan 'Activate', dan Kartu Anda telah aktif.
FAQ

Click on to expand and on to minimise the details.

Penggantian Kartu Debit Citibank Berteknologi Chip

Mengapa saya perlu mengganti kartu lama saya dengan yang baru?

Kartu Debit Citibank Bapak/Ibu sebagai sarana penarikan tunai dan transfer perlu diganti agar dapat digunakan di ATM berteknologi chip yang sudah mulai disosialisasikan mulai 2017 sampai dengan 31 Desember 2021, sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia. Pada saat seluruh bank di Indonesia sudah mengimplementasikan ATM berteknologi chip, transaksi tarik tunai dan transfer Bapak/Ibu akan lebih aman dan akan menghindari terjadinya kemungkinan duplikasi kartu.

Apa saja perbedaan (kelebihan dan kekurangan) kartu baru dengan kartu lama saya?

Setelah semua bank selesai melakukan perubahan dengan menggunakan teknologi chip sesuai peraturan Bank Indonesia pada mesin ATM yang akan terlaksana paling lambat tanggal 31 Desember 2021, Kartu baru Bapak/Ibu akan mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi dan akan menghindari terjadinya kemungkinan duplikasi kartu. Akan tetapi, terhitung sejak tanggal 1 Juli 2017, seluruh jaringan ATM yang digunakan di Indonesia wajib menggunakan jaringan ATM nasional. Citibank telah tergabung dalam jaringan ATM Bersama sehingga transaksi dengan Kartu Debit Citibank yang telah berteknologi chip melalui terminal ATM dari Bank yang bukan anggota ATM Bersama, kemungkinan tidak dapat dilakukan lagi.

Khusus untuk penarikan tunai melalui ATM yang bukan merupakan anggota ATM Bersama, selama masa transisi penggantian terminal ATM berteknologi chip hingga 31 Desember 2021 hanya dapat dilakukan melalui ATM BCA yang bukan merupakan anggota ATM Bersama yang belum disesuaikan dengan standar nasional teknologi chip dimana transaksi masih dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan internasional Visa dan/atau MasterCard. ATM BCA yang bukan merupakan anggota ATM Bersama yang sudah disesuaikan dengan standar nasional teknologi chip tidak dapat digunakan oleh pemegang Kartu Debit Citibank karena transaksi Kartu Debit Citibank hanya dapat dilakukan melalui jaringan nasional dalam hal ini ATM Bersama.

Kenapa dengan menggunakan teknologi chip yang baru saya malah tidak bisa melakukan tarik tunai pada ATM tertentu?

Saat ini terminal ATM Citibank di Indonesia sedang dalam proses persiapan untuk dapat memproses transaksi kartu melalui ATM yang menggunakan standar nasional teknologi chip yang harus dilaksanakan mulai 1 Juli 2017. Terhitung sejak tanggal tersebut maka seluruh jaringan ATM yang digunakan di Indonesia wajib menggunakan jaringan ATM nasional. Citibank telah tergabung dalam jaringan ATM Bersama sehingga transaksi dengan Kartu Debit Citibank yang telah berteknologi chip melalui terminal ATM dari Bank yang bukan anggota ATM Bersama kemungkinan tidak dapat dilakukan lagi.

Bagaimana cara mengatifkan kartu baru saya?

Bapak/Ibu dapat mengaktifkan kartu baru dengan melakukan

  1. Tarik tunai atau transfer di ATM Citibank atau ATM Bersama dengan menggunakan PIN yang sama, atau melalui
  2. Ponsel dengan mengirim SMS ke 69999, ketik AKT spasi 4 digit terakhir nomor Kartu Debit Citibank Bapak/Ibu,
  3. Bapak/Ibu juga bisa melakukan aktivasi dengan atau melalui Citibank Online,

    • Login melalui www.citibank.co.id, masukkan username dan password Bapak/Ibu,
    • Pilih "Layanan" lalu "Profil Saya" begitu Bapak/Ibu masuk ke halaman Utama,
    • Pada Menu Profil saya, pilih "Aktivasikan Kartu Kredit/Ready Credit/Debit Citibank Anda" dan Bapak/Ibu akan diminta untuk memasukkan Mobile OTP yang dikirimkan melalui Hardware Token atau Mobile OTP,
    • Pilih Kartu Debit Citibank Bapak/Ibu dan klik "Aktifkan". Kartu Debit Citibank Bapak/Ibu telah aktif.
  4. Melalui Citi Mobile:

    • Buka aplikasi Citibank Mobile Bapak/Ibu, kemudian login menggunakan username dan password Bapak/Ibu,
    • Pilih menu yang berada di kiri atas lalu pilih "Manage Your Cards" kemudian pilih "Activate Citibank Card" hingga muncul daftar Kartu Citibank yang Bapak/Ibu miliki,
    • Cocokkan 4 digit terakhir nomor kartu yang Bapak/Ibu miliki dengan daftar Kartu Citibank yang dalam kondisi tidak aktif, kemudian tekan Activate.

Pertanyaan Umum Mengenai Kartu Debit Citibank

Apa itu Kartu Debit Citibank?

Kartu Debit Citibank adalah kartu yang diterbitkan oleh Citibank N.A. Indonesia (Citibank) untuk nasabah Citibank. Kartu ini memiliki dua fungsi sebagai kartu ATM (Automated Teller Machine) dan Kartu Debit untuk berbelanja, yang pendanaannya berasal dari rekening Pemegang Kartu.

Di mana saya bisa menggunakan Kartu Debit Citibank untuk berbelanja? Bisakah saya menggunakannya di luar negeri?

Untuk Kartu Debit Citibank Mastercard:

  1. Di luar negeri Kartu Debit Citibank dapat digunakan di semua tempat yang memiliki jaringan Mastercard Internasional di seluruh dunia (semua toko yang memiliki logo Mastercard).
  2. Di dalam negeri Kartu Debit Citibank dapat digunakan di semua tempat yang terhubung ke jaringan Prima atau ATM Bersama

Untuk Kartu Debit Citibank GPN hanya dapat digunakan di dalam negeri di semua tempat yang terhubung ke jaringan Prima atau ATM Bersama.

Berapa limit Kartu Debit Citibank saya?
Jenis Transaksi Jaringan Limit Per Hari Per Rekening Limit Per Transaksi
Transfer Dana
ATM
Antar Rekening Citi Rp1 Milyar Rp500 Juta
ATM Bersama/Prima Rp50 Juta Rp25 Juta
SKN Rp50 Juta Rp25 Juta
Citibank Online &Citi Mobile® App
Rekening Sendiri Tidak terbatas Tidak terbatas
Antar Rekening Citi Rp500 Juta Rp500 Juta
ATM Bersama Rp100 Juta Rp25 Juta
SKN Rp999.999.999,- Rp500 Juta
Tarik Tunai ATM (termasuk ATM Bersama/Prima) Rp15 Juta Rp15 Juta
Transaksi Ritel Merchant POS / Online*
Citibanking : Rp15 Juta Citibanking : Rp15 Juta
Citi Priority : Rp25 Juta Citi Priority : Rp25 Juta
Citigold : Rp50 Juta Citigold : Rp50 Juta

* Perubahan terhadap limit transaksi harian di merchant POS/Online yang baru hanya akan berlaku secara otomatis bagi nasabah baru (per tanggal 1 Mei 2020). Bagi nasabah yang saat ini sudah memiliki kartu debit Citibank MasterCard dapat mengajukan pembaruan limit transaksi harian untuk transaksi di merchant sampai dengan Rp50 Juta untuk GPN dan sampai dengan Rp100 juta untuk Kartu Debit Citibank Mastercard melalui CitiPhone atau dengan mengunjungi cabang Citibank terdekat.

Bagaimana cara saya mendaftar Kartu Debit Citibank?

Dengan membuka Rekening Tabungan/Rekening Giro di Citibank, semua manfaat dari Kartu Debit Citibank akan menjadi milik Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi cabang Citibank terdekat.

Apakah Kartu Debit Citibank dilengkapi dengan PIN? Di mana saya bisa mendapatkannya?

Kartu Debit Citibank akan memberi Anda 2 (dua) jenis PIN. PIN ATM (APIN) adalah PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi di ATM dan EDC di toko/merchant. PIN Telepon (TPIN) adalah PIN anda untuk Layanan CitiPhone Banking. Anda dapat memperoleh PIN di cabang Citibank setelah menerima Kartu Debit Citibank Anda.

Apa yang dimaksud dengan terminal EDC?

Terminal EDC (Electronic Data Capture) tersedia di toko/merchants. EDC adalah mesin untuk menerima Transaksi Kartu Debit Citibank online melalui jaringan Mastercard International.

Bagaimana cara melakukan transaksi menggunakan Kartu Debit Citibank di merchants?
  • Pastikan toko/merchants dapat menerima transaksi menggunakan jaringan Mastercard.
  • Anda dapat memeriksa hal ini dengan mencari logo Mastercard atau bertanya kepada kasir.
  • Pilih produk/layanan yang Anda butuhkan dan serahkan Kartu Anda ke kasir.
  • Kasir akan menggesek Kartu Anda di terminal EDC.
  • Periksa kembali jumlahnya kemudian masukkan PIN Kartu Debit Citibank Anda.
  • Pastikan Anda telah menerima Kartu Debit Citibank Anda sebelum meninggalkan toko.
Bagaimana saya melakukan transaksi di ATM dengan Kartu Debit Citibank?
  • Anda dapat menggunakan ATM Citibank atau ATM bank lain yang memiliki logo Bersama, Prima, Cirrus, NYCE, Star.
  • Masukkan Kartu Debit Citibank Anda dan masukkan PIN ATM Anda.
  • Pilih jenis transaksi yang ingin Anda lakukan.
Kapan transaksi Kartu Debit Citibank saya akan diperhitungkan?

Transaksi Anda akan secara otomatis memotong saldo rekening tabungan Citibank Anda. Transaksi akan diperhitungkan setelah Citibank menerima permintaan pembayaran dari toko.

Apakah mungkin Kartu Debit Citibank saya ditolak di EDC atau di ATM?

Mungkin karena beberapa alasan, seperti:

  • PIN ATM salah (maksimum 3 kali kesalahan)
  • Chip pada kartu Anda rusak
  • Sistem sedang offline
  • Saldo Anda tidak cukup
Apakah Citibank akan membebankan biaya untuk setiap transaksi di terminal EDC?

Citibank sebagai penerbit Kartu Debit Citibank tidak akan membebankan biaya tambahan untuk transaksi Anda melalui terminal EDC. Namun, beberapa toko/merchants akan mengenakan biaya tambahan 1,5% - 3% pada transaksi Anda. Alasannya adalah bahwa toko/merchants juga dikenakan biaya pemeliharaan untuk terminal EDC oleh bank yang memiliki terminal EDC (Acquirer).

Apakah ada minimum pembelian untuk Kartu Debit?

Citibank tidak menerapkan pembelian minimum atas transaksi Kartu Debit. Namun, ada kemungkinan beberapa toko/merchants menerapkan jumlah minimum saat pembayaran menggunakan Kartu Debit Citibank di toko.

Apakah Kartu Debit Citibank dapat digunakan untuk transaksi online menggunakan telepon, atau Mail / Fax (MOTO-Mail Order dan Telephone Order)?

Saat ini, Kartu Debit Citibank tidak dapat digunakan untuk transaksi tersebut; mail order atau telepon.

Apakah Kartu Debit Citibank dapat digunakan sebagai uang muka / setoran? Misalnya, di rumah sakit atau ketika menginap di hotel?

Tidak. Kartu Debit Citibank hanya dapat digunakan untuk transaksi elektronik (online). Citibank tidak merekomendasikan untuk menggunakan Kartu Debit Citibank sebagai jaminan atau setoran untuk rumah sakit atau hotel karena keterbatasan sistem yang tidak memungkinkannya untuk mengembalikan sisa saldo transaksi.

Apakah Kartu Debit Citibank dapat digunakan untuk pembayaran seperti tagihan hotel saat check out?

Ya, Kartu Debit Citibank dapat digunakan untuk membayar tagihan hotel saat check out.

Apa yang harus saya lakukan jika saya kehilangan Kartu Debit Citibank?

Anda harus melaporkannya ke CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda untuk memblokir Kartu Debit Citibank Anda. Keterlambatan dalam melaporkan ke Citibank dapat menyebabkan kerugian lebih lanjut dan Citibank tidak akan bertanggung jawab untuk itu.

Siapa yang akan bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi pada Kartu Debit Citibank yang hilang?

Jika transaksi terjadi setelah Anda melaporkan kehilangan kepada Citibank, maka Anda tidak bertanggung jawab atas transaksi selanjutnya. Namun, jika transaksi terjadi sebelum Anda melaporkan kartu yang hilang, maka transaksi akan menjadi tanggung jawab Anda.

Apa yang harus saya lakukan jika kartu saya tertelan ATM?

Anda harus melaporkannya ke CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda

Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa PIN saya?

Anda dapat menghubungi CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda pada jam operasional atau Anda dapat membuat PIN baru lewat Citi Mobile dan Citibank.

Apa yang harus saya lakukan jika transaksi saya di toko/merchant gagal tetapi akun saya dikurangi?

Segera hubungi CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda pada jam operasional untuk melaporkan kasus ini.Citibank akan melakukan penyelidikan tentang masalah ini dan akan memberitahukan hasilnya kepada Anda. Jika hasil investigasi menunjukkan bahwa memang terdapat masalah pada transaksi tersebut, Citibank akan membatalkan transaksi.

Apa yang harus saya lakukan jika saya merasa ada kesalahan pada tagihan saya?

Anda dapat mengecek dengan menghubungi CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda.

Jika saya hanya memiliki rekening tabungan dalam mata uang asing, bisakah Kartu Debit Citibank digunakan untuk transaksi pembelian?

Saat ini, transaksi pembelian dengan Kartu Debit Citibank hanya dapat digunakan di Indonesia jika rekening tabungan Anda dalam Rupiah. Anda tidak dapat menggunakan kartu untuk pembelian melalui EDC, namun Kartu Debit Citibank anda masih dapat digunakan di mesin ATM untuk penarikan dalam Rupiah.

Jika Anda ingin melakukan pembelian dengan Kartu Debit Citibank melalui EDC, silakan hubungi cabang Citibank terdekat untuk membuka rekening tabungan dalam Rupiah.

Jika saya memiliki lebih dari satu rekening tabungan / giro dalam rupiah, dapatkah semua rekening digunakan untuk transaksi pembelian? Dari akun mana transaksi akan dikurangkan?

Untuk setiap transaksi, Citibank akan mengurangi dana dari satu Rekening Tabungan Rupiah yang sebelumnya Anda putuskan untuk digunakan. Jika Anda ingin mengubahnya ke rekening Rupiah Anda yang lain, Anda dapat menghubungi CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda pada jam operasional.

Apakah itu berarti, jika saya pergi ke luar negeri, ATM saya tidak dapat dihubungkan dengan akun dolar saya?

Untuk transaksi di ATM, Anda dapat menautkan kartu Anda ke akun USD Anda. Tetapi untuk transaksi pembelian, Anda hanya dapat menautkannya ke 1 (satu) akun Rupiah saja.

Apakah saya akan dikenakan biaya untuk kurs konversi jika saya menggunakan Kartu Debit Citibank di luar negeri?

Ya, jika Anda menggunakan Kartu Debit Citibank di negara lain, Anda akan dikenakan tarif konversi secara indikatif berdasarkan waktu penyelesaian proses transaksi pembelanjaan oleh toko/merchant.

Catatan:
Untuk ON US Merchant (mesin Citibank) di Indonesia akan dikenakan Citibank System Rate Untuk OFF US Merchant di Indonesia & Merchant di luar negeri (Mesin Non Citibank) akan dikenakan Mastercard Rate

Apa manfaat Kartu Debit Citibank?

Potongan harga mitra

Bisakah saya menggunakan kartu ini di mesin debit BCA?

BCA memiliki beberapa jenis mesin, kebanyakan dari mereka dapat menerima pembayaran menggunakan kartu Debit dengan logo Mastercard dan GPN.

Apakah saya menggunakan PIN untuk transaksi menggunakan Kartu Debit Citibank?

Ya. Anda perlu memasukkan PIN setiap bertransaksi menggunakan Kartu Debit Citibank.

Bagaimana jika nasabah tidak menginginkan kartu Debit ini?

Fitur kartu Debit adalah salah satu layanan khusus kami untuk nasabah kami dan Anda dapat menikmati hak istimewanya secara gratis.

Apakah saya akan dikenakan biaya tambahan untuk Kartu Debit Citibank?

Tidak, Anda tidak akan dikenai biaya sama sekali untuk kartu Debit ini.

Point Rewards

Bagaimana cara saya mendapatkan Point Rewards?

Anda dapat memperoleh Citi Rewards Point dengan mengikuti program khusus Citibank. Mohon hubungi Relationship Manager Anda atau kunjungi cabang Citibank terdekat untuk info lebih lanjut.

Di mana saya bisa melihat Point Rewards saya? Saya bisa menukarkan poin saya dengan barang apa saja?

Anda bisa melihat Citi Rewards Point yang tersedia di laporan tagihan bulanan Anda. Atau, Anda juga bisa memeriksanya melalui Citibank Online di www.citibank.co.id

  • Kunjungi www.citibank.co.id
  • Masuk ke Citibank Online
  • Klik "Hadiah Citi"
  • Klik "Poin Hadiah"
  • Pilih "Nomor Kartu Debit" Anda

Citi Rewards Points yang saat ini terdapat di Kartu Debit Citibank Anda dapat ditukar dengan voucher belanja dan mileage.

Bisakah Point Rewards digabungkan dengan hadiah poin kartu kredit?

Saat ini, Citi Rewards Points Anda tidak dapat digabungkan dengan rewards point yang terdapat pada kartu kredit Citi Anda.

Jika saya ingin bertukar poin, siapa yang harus saya hubungi?

Anda dapat menghubungi CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda pada jam operasional.

Jika saya ingin informasi lebih lanjut, siapa yang harus saya hubungi?

Anda dapat menghubungi CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda pada jam operasional.Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengunjungi cabang Citibank terdekat pada hari dan jam kerja.

Potongan Harga Mitra

Apa yang dimaksud dengan Potongan Harga Mitra?

Sebagai pemegang Kartu Debit Citibank, Anda akan menerima banyak penawaran menarik saat menggunakan Kartu Debit Citibank di toko/merchant mitra kami.

Apakah penawaran berbeda satu sama lain?

Ya, setiap toko/merchant akan memberikan penawaran yang berbeda. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi CitiPhone Banking di (021) 252-9999/1500-335 langsung dari ponsel Anda pada jam operasional.

JAVASCRIPT DINONAKTIFKAN