Informasi

Home|Informasi

Perubahan Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit Citi

Perubahan Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit Citi

Kartu Kredit

Terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan Kartu Kredit Citi

Efektif tanggal 9 Desember 2019, terdapat perubahan Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit Citi sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai berikut:

Batas Kredit dan/atau Batas Kredit Gabungan
5.1 Citibank, dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, berhak menetapkan Batas Kredit dan/atau Batas Kredit Gabungan untuk tiap-tiap rekening Kartu Kredit Citi dan berhak untuk mengubah atau membatalkan Batas Kredit / Batas Kredit Gabungan sewaktu-waktu, termasuk namun tidak terbatas apabila kualitas kredit Pemegang Kartu pada sistem Bank maupun Laporan OJK SLIK menurun menjadi kurang lancar, diragukan, atau macet.

Hak dan Kewajiban Citibank
9.1.3 Citibank, kantor pusat Citibank, pihak afiliasi Citibank, anak perusahaan Citibank, termasuk karyawan, direktur, dan pejabat atau instansi yang berwenang/mempunyai kewenangan atas Citibank yang berada di dalam maupun di luar negeri berhak untuk memberikan dan mengungkapkan data pribadi Pemegang Kartu kepada pihak ketiga yang merupakan penyedia jasa, konsultan, auditor, subkontraktor, agen, Merchant, pihak dari suatu transaksi yang memiliki kepentingan atau menanggung risiko berkaitan dengan penggunaan Kartu Kredit Citi, atau pihak ketiga lainnya, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri, dalam rangka, termasuk namun tidak terbatas untuk keperluan proses identifikasi, verifikasi dan validasi data Pemegang Kartu, keperluan manajemen risiko, dalam rangka pengalihan, penjualan, merger, atau akuisisi bisnis Citibank dan/atau tujuan lainnya yang diperlukan oleh Citibank sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.


9.10 Penggunaan Dana Pinjaman Tanpa Agunan. Dalam hal dana pinjaman telah digunakan untuk penempatan dana pada produk Investasi dan Asuransi Unitlink di Citibank Wealth Management, maka Citibank berhak untuk melakukan segala tindakan dan hal-hal yang dianggap perlu terhadap Citibank Wealth Management milik Pemegang Kartu untuk memenuhi ketentuan yang dimaksud, termasuk namun tidak terbatas pada melikuidasi Investasi pada Citibank Wealth Management milik Pemegang Kartu pada waktu tersebut. Pemegang Kartu setuju untuk menanggung biaya – biaya terkait likuidasi investasi tersebut diatas dan pengeluaran yang dikenakan oleh Citibank sebagai akibat daripadanya.


Pengakhiran/Penutupan dan Pemblokiran Kartu Kredit Citi

11.6 Pemegang Kartu dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat dicabut kembali kepada Citibank untuk setiap saat mendebet dan menggunakan dan/atau mengakhiri/menutup dan/atau memblokir Kartu Kredit Citi dan/atau memindahbukukan dari rekening perbankan Pemegang Kartu dengan urutan sebagai berikut: 1. Rekening koran, 2. Rekening tabungan, 3. Rekening deposito, 4. Rekening-rekening lain atas namanya yang ada di Citibank dengan pemberitahuan, guna pelunasan/pembayaran seluruh kewajiban-kewajiban Pemegang Kartu yang masih ada sehubungan dengan penggunaan Kartu Kredit Citi. Kuasa untuk mendebet dan menggunakan dan/atau mengakhiri/menutup dan memblokir tersebut hanya akan berakhir apabila Kartu Kredit Citi telah diakhiri/ditutup dan diblokir dan tidak ada lagi kewajiban-kewajiban Pemegang Kartu kepada Citibank yang masih harus dipenuhi. Pemegang Kartu dengan ini mengesampingkan ketentuan Pasal 1813 dan Pasal 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia mengenai berakhirnya pemberian kuasa dan pengangkatan kuasa baru.

Pengaduan dan Perselisihan
12.5 Dalam hal tidak tercapainya kesepakatan penyelesaian pengaduan, maka Pemegang Kartu dapat melakukan penyelesaian sengketa melalui pengadilan atau di luar pengadilan. Penyelesaian di luar pengadilan dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh OJK, yaitu LAPSPI (Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia).

12.6 Pemegang Kartu wajib untuk melunasi semua biaya kepada Citibank, termasuk biaya advokat atau pengacara, yang dikeluarkan untuk tujuan meminta dan/atau menuntut didapatkannya kembali setiap tagihan yang jatuh tempo dari suatu rekening Kartu Kredit Citi. Citibank dapat membebankan biaya advokat atau pengacara kepada Pemegang Kartu, kecuali apabila permasalahan tersebut timbul oleh karena kesalahan atau kelalaian Bank.

Perubahan Syarat dan Ketentuan
16.1 Pemegang Kartu mengetahui, mengerti dan setuju bahwa Citibank dari waktu ke waktu atas inisiatif Bank dapat mengubah syarat dan ketentuan Kartu Kredit Citi serta ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau dalam Pemberitahuan Tertulis termasuk syarat-syarat, jenis dan besar tarif dan biaya-biaya yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau yang tercantum dalam Pemberitahuan Tertulis dan/atau dalam Lembar Penagihan, dengan menyampaikan suatu Pemberitahuan Tertulis atau pengumuman yang menjelaskan hal tersebut dalam suatu Pemberitahuan Tertulis sesuai ketentuan yang berlaku dalam hal ini paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja sebelum perubahan tersebut berlaku pada tanggal sebagaimana dinyatakan oleh Citibank, kecuali untuk memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ready Credit

Efektif 9 Desember 2019 terdapat perubahan S&K Citibank ReadyCredit

2. Pencairan dan Total Batas Kredit

2.1. Citibank, dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, berhak menetapkan Batas Kredit untuk rekening Citibank Ready Credit dan berhak untuk mengubah atau membatalkan Batas Kredit sewaktu-waktu, termasuk namun tidak terbatas apabila kualitas kredit Nasabah pada sistem Bank maupun laporan OJK SLIK menurun menjadi kurang lancar, diragukan, atau macet.

3. Penggunaan

3.7. Citibank tidak bertanggung-jawab dan Nasabah membebaskan Citibank atas penggunaan fasilitas Citibank Ready Credit yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini, kecuali disebabkan oleh kelalaian atau kesalahan yang disengaja oleh Bank.

6. Layanan

6.3. PIN

a. Nasabah dapat membuat/mengubah PIN atas setiap nomor rekening Citibank Ready Credit Melalui Citibank Online & Citi Mobile yang dapat dipergunakan untuk keperluan transaksi dan/atau mengakses layanan perbankan 24 Jam di ATM. Penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi PIN dijabarkan dalam panduan Citibank Ready Credit.

b.Nasabah bertanggung-jawab untuk menjaga kerahasiaan PIN dan Nasabah tidak diperkenankan untuk menyampaikan informasi ini kepada pihak lain dalam keadaan atau dengan cara apapun. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan penyalahgunaan nomor PIN baik atas izin Nasabah atau yang disebabkan oleh ketidakhatihatian dan kelalaian, menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.

8. Pengakhiran Rekening Citibank Ready Credit

8.5. Nasabah dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat dicabut kembali kepada Citibank untuk setiap saat mendebet dan/atau menggunakan dan/atau mengakhiri dan/atau menutup dan/atau memblokir fasilitas Citibank Ready Credit dan/atau memindahbukukan dari rekening perbankan Nasabah dengan urutan sebagai berikut : 1. Rekening Koran, 2. Rekening tabungan, 3. Rekening Deposito, 4. Rekening-rekening lain atas namanya yang ada di Citibank dengan pemberitahuan guna pelunasan/pembayaran seluruh kewajiban-kewajiban Nasabah yang masih ada sehubungan dengan penggunaan Citibank Ready Credit. Kuasa untuk mendebet dan/atau menggunakan dan/atau mengakhiri dan/atau menutup dan memblokir tersebut hanya akan berakhir apabila Citibank Ready Credit telah diakhiri/ditutup dan diblokir dan tidak ada lagi kewajibankewajiban Nasabah kepada Citibank yang masih harus dipenuhi. Nasabah dengan ini mengesampingkan ketentuan Pasal 1813 dan Pasal 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia mengenai berakhirnya pemberian kuasa dan pengangkatan kuasa baru.

10. Kejadian Kelalaian

b.Nasabah terlibat tindak pidana, atau sedang dalam proses pengadilan dalam perkara pidana, atau tercatat memiliki status kredit yang kurang baik dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola oleh Bank Indonesia dan/atau biro kredit swasta lainnya; dan/atau

11. Perubahan Syarat dan Ketentuan

11.1. Nasabah mengetahui, mengerti dan setuju bahwa Citibank dari waktu ke waktu atas inisiatif bank dapat mengubah syarat dan ketentuan Citibank Ready Credit beserta fitur-fiturnya, serta ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau dalam Pemberitahuan Tertulis termasuk syarat-syarat, jenis dan besar tarif dan biaya-biaya yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau yang tercantum dalam Pemberitahuan Tertulis dan/atau dalam Lembar Penagihan, dengan menyampaikan suatu Pemberitahuan Tertulis atau pengumuman yang menjelaskan hal tersebut dalam suatu Pemberitahuan Tertulis sesuai ketentuan yang berlaku dalam hal ini paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja sebelum perubahan tersebut berlaku pada tanggal sebagaimana dinyatakan oleh Citibank, kecuali untuk memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemberitahuan Tertulis yang dimaksud di sini meliputi media Komunikasi sebagaimana tertera pada Pasal 12 Syarat dan Ketentuan ini.

13. Pengaduan dan Perselisihan

13.4. Dalam hal tidak tercapainya kesepakatan penyelesaian pengaduan, maka Nasabah dapat melakukan penyelesaian sengketa melalui pengadilan atau di luar pengadilan. Penyelesaian di luar pengadilan dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh OJK, yaitu LAPSPI (Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia).

13.5. Nasabah wajib untuk melunasi semua biaya kepada Citibank, termasuk biaya advokat atau pengacara, yang dikeluarkan untuk tujuan meminta dan/atau menuntut didapatkannya kembali setiap tagihan yang jatuh tempo dari suatu rekening Citibank Ready Credit. Citibank dapat membebankan biaya advokat atau pengacara kepada Nasabah, kecuali apabila permasalahn tersebut timbul oleh karena kesalahan atau kelalaian Bank.

15. Hak dan Kewajiban Citibank

15.7. Penggunaan Dana Pinjaman Tanpa Agunan Dalam hal dana pinjaman telah digunakan untuk penempatan dana pada produk Investasi dan Asuransi Unitlink di Citibank Wealth Management, maka Citibank berhak untuk melakukan segala tindakan dan hal-hal yang dianggap perlu terhadap Citibank Wealth Management/milik Nasabah untuk memenuhi ketentuan yang dimaksud, termasuk namun tidak terbatas pada melikuidasi Investasi pada Citibank Wealth Management milik Nasabah pada waktu tersebut. Nasabah setuju untuk menanggung biaya-biaya terkait likuidasi investasi terserbut diatas dan pengeluaran yang dikenakan oleh Citibank sebagai akibat daripadanya.

JAVASCRIPT DINONAKTIFKAN